Jaga Stabilitas Ketahanan Pangan Pada Masa Pandemi Covid-19, Kodim 0315/Bintan Panen Jagung Demplot di Desa Toapaya Selatan, Kabupaten Bintan

 

Kodim Bintan — Komandan Kodim (Dandim) 0315/Bintan Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa bersama Masyarakat melaksanakan panen Jagung Demplot Kodim 0315/Bintan pada lahan seluas kurang lebih 2 Hektar yang berada di Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan, Selasa (18/8/2020).

 

Pada kesempatan tersebut, Dandim 0315/Bintan Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa menyampaikan bahwa panen jagung tersebut merupakan program Kodim 0315/Bintan untuk mewujudkan ketahanan pangan yang ada di wilayah teritorial.

 

“Hari ini kita melaksanakan panen  jagung Demplot bersama warga Desa Toapaya Selatan. Kegiatan ini merupakan program ketahanan pangan Kodim 0315/Bintan yang dibuat sebagai contoh kepada masyarakat dengan harapan dapat dilaksanakan dengan cara membuka kebun dan mengembangkannya, Langkah seperti ini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,“ kata Dandim 0315/Bintan.

 

Lanjut oleh Dandim, bahwa masyarakat Kabupaten Bintan saat ini sudah mulai bergerak mengikuti program yang dibuat oleh kodim 0315/Bintan yang tentunya didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bintan seperti ketahanan pangan yang dilaksanakan saat ini.

 

Dandim juga menjelaskan, bahwa lahan Demplot seperti ini telah dikembangkan di setiap Koramil jajarannya dengan memanfaatkan lahan kosong di masing-masing Koramil, kali ini posisi lahan dalam kegiatan panen jagung tersebut berada di Wilayah Binaan Koramil 02/Bintan Timur.

 

“Bukan hanya jagung, kita juga mengembangkan tanaman lainnya seperti sayur-sayuran dan Tanaman Singkong serta lainnya,“ tuturnya.

 

Selain itu, Kegiatan ini juga dalam rangka program menjaga stabilitas ketahanan pangan dimasa Pandemi Covid-19 khususnya di Kabupaten Bintan.

 

“Dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan di tengah Wabah  Covid-19 perlunya kerja sama agar tetap menjaga stabilitas Bahan Pokok makanan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan terutama di wilayah teritorial Kodim 0315/Bintan,” jelas Dandim.

 

Pada Kesempatan Panen Jagung tersebut, Salah satu tokoh masyarakat Desa Toapaya Selatan Bapak Erik menyampaikan bahwa pada masa pandemi Covid-19, krisis pangan akan terjadi apabila tidak menjaganya, maka dari itu Ketahanan Pangan adalah salah satu kunci untuk menghadapi pandemi Covid-19.

 

“Segala upaya menurutnya perlu dilakukan, termasuk percepatan tanam untuk memenuhi kebutuhan pangan termasuk pasca Covid-19 nanti. Untuk itu kami atas nama masyarakat di Desa Toapaya Selatan mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0315/Bintan dan jajarannya yang telah membantu memberikan edukasi serta pembelajaran kepada masyarakat dalam mengembangkan potensi lahan untuk ketahanan pangan,” Ujarnya. (Pendim0315)

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *