Masyarakat Kelurahan IX Deklarasi Stop BAB Sembarangan di lingkungannya

Tanjungpinang- Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd menandatangani Deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau dikenal dengan Gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) tingkat Kelurahan Batu IX dan kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Lebih Bersih Lebih Sehat yang dilaksanakan di Pesantren Al- Kautsar Jl. Sidomulyo Km. 13 Kelurahan Batu IX Tanjungpinang, Selasa (17/12) sore.

 

 

Pembacaan komitmen Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dibacakan oleh Lurah Batu IX, H. Said Fatahullah, S.Sos, Staf Kelurahan Batu IX dan pernyataan dari perwakilan masyarakat Kelurahan Batu IX yang disaksikan langsung oleh Walikota Tanjungpinang serta dilanjutkan Penanda tanganan pernyataan Deklarasi Stop buang air besar sembarangan oleh Walikota Tanjungpinang, Camat Tanjungpinang Timur, Lurah Batu IX dan Kepala Puskesmas Mekar Baru. 

 

 

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd dalam sambutanya mengatakan kesehatan masyarakat sangat berkaitan dengan perilaku dan lingkungan, perilaku berperan penting dalam menentukan drajat kesehatan karena penyakit dapat dicegah dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat. “Di samping itu, lingkungan juga memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan, dengan perilaku hidup bersih dan sehat maka kesadaran untuk menjaga lingkungan akan ikut dengan sendirinya,” ucap Syahrul.

 

 

Lanjut Syahrul, Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan upaya pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicunya melalui 5 (lima) pilar yaitu Stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, Pengelolaan air minum dan makan di rumah tangga, Pengamanan sampah rumah tangga dan Pengamanan limbah wujud dari kegiatan STBM pilar yang pertama.

 

 

“Mari kita bersama-sama mendukung kegiatan stop buang air besar sembarangan di Kota Tanjungpinang ini agar tercipta lingkunga yang sehat serta semua masyarakat bebas dari buang air besar sembarangan,” tutup Syahrul.

 

 

Sementara itu, Lurah Batu IX, H. Said Fatahullah, S.Sos, memberikan apresiasi yang tinggi kepada warganya atas komitmen dalam menghilangkan praktik buang air besar sembarangan di wilayahnya. “Ini sebagai momen untuk masyarakat agar menjaga kebersihan dengan tidak melakukan buang air besar sembarangan di lingkungan tempat tinggalnya,” ungkap Said.

 

 

Dalam acara tersebut turut dihadiri Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP,  Kapolsek Tanjungpinang Timur, AKP Indra Jaya, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKP2KB) Kota Tanjungpinang, Rustam, SKM. M.Si, serta para tamu undangan. (Acok/Humas)

 

 

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *