Website YBI Permudah Masyarakat Mengakses Informasi Batik

Jultin Ginandjar Kartasasmita, ketua umum Yayasan Batik Indonesia (tengah) saat meluncurkan website Yayasan Batik Indonesia di Kementerian Perindustrian, Jakarta. ( Foto: Ist / Ist )

JAKARTA, Beritasatu.com- Yayasan Batik Indonesia meluncurkan website batik www.yayasanbatikindonesia.com untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi tentang batik. Peluncuran dilakukan di Pasar Batik Rakyat yang digelar di Kementerian Perindustrian pekan lalu.

“Peluncuran website bertujuan agar masyarakat memiliki akses yang mudah terhadap pengetahuan dan perkembangan batik, serta aktifitas-aktifitas yang akan dan sudah dilaksanakan oleh Yayasan Batik Indonesia. Peluncuran ini digelar dalam rangka Hari Batik Nasional yang dirayakan pada 2 Oktober,” ujar Diana Santosa, Ketua Pelaksana Hari Batik Nasional 2019 dalam keterangan pers yang diterima Investor Daily.

Gati Wibawaningsih, S. Teks, M.A., Direktur Jenderal Industri Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI menambut baik website Yayasan Batik Indonesia. “Ini sangat bagus sekali dalam mengimplementasikan Making Indonesia 4.0 di dunia batik, website-nya itu pop up sistemnya, sudah digital. Dengan adanya website, bisa diketahui yang namanya kain printing motif batik dan lukis tangan sehingga masyarakat tahu,” ungkap Gati.

Jultin Ginandjar Kartasasmita, ketua umum Yayasan Batik Indonesia mengungkapkan, setiap tahun Yayasan Batik Indonesia mengadakan kegiatan dalam rangka Hari Batik Nasional tak lain untuk mempertahankan Batik sebagai “warisan budaya tak benda dari Indonesia yang ditetapkan oleh UNESCO pada 29 September 2009 di Abu Dhabi – Uni Emirat Arab”. “Tujuannya untuk melestarikan dan meningkatkan nilai tambah batik Indonesia yang merupakan potensi kekayaan Nasional,” kata Jultin.

Turut meriahkan acara ini adalah penampilan peragaan busana oleh 13 Nyonya Duta Besar Negara Sahabat dari Jepang, Kolumbia, Myanmar, Norwegia, Peru, Rusia, Suriname, Thailand, Uzbekistan, Brazil, dan Swiss. Para model tersebut membawakan busana batik karya desainers atau sponsors, yaitu Batik Dudung, Batik Garut RPG, Batik Pesisir Failasuf, Galeri Batik Jawa, Parang Kencana, Batik Komar, Batik Jarit, Batik APIP, Batik Paring, Danar Hadi by Carmanita, dan Canting Madura.

Sementara itu, Pasar Batik Rakyat diramaikan oleh 43 ‘brand’ batik yang menghadirkan koleksi batik tulis dan cap dari berbagai provinsi dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik. Pameran juga dimeriahkan dengan beberapa penampilan pada 25 – 27 September, mulai musik angklung oleh Mitra Seni Indonesia, talkshow “Batik di Atas Tenun Serat Alam” oleh Myra Widiono, Warlami & Benny Ardianto, talkshow “Fashion Stylist” oleh Dewi Utari, talkshow “Batik Sulam Tenun” dan fashion show oleh Rajib Nasrudin dan hijab stylist oleh Astri Gustiningtyas.

Mardiana Makmun / MAR

Sumber: Investor Daily

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *