Biografi H.Huzrin HOOD,SH

TANJUNGPINANG-Biasa dipanggil Huzrin adalah putera ketiga dari sepuluh bersaudara dari pasangan Alm. Hood Dahlan yang berprofesi sebagai kepala desa dengan istrinya Alm. Zainab dari Desa Sungai Ungar,
Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Huzrin dikarunai empat orang anak dari istrinya Hj. Ernaini yaitu; Nelly Huzrin, Renny Yuniva, Muhammad Muniruzaman, dan Halimatussa’diah.
Huzrin menempuh pendidikan dasar di SDN Sungai dan lulus pada tahun 1968. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya ke Pendidikan Guru Agama (PGA) di Tanjung Batu, lulus tahun 1973. Pendidikan Tinggi Huzrin ditempuh di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Susqa Pekan Baru Provinsi Riau tapi tidak selesai. Gelar sarjananya di bidang hukum ia peroleh dari Universitas Lancang Kuning Pekan Baru, Riau.
Sebagai sosok pekerja keras, Huzrin memulai karir kerjanya menjadi surveyor di Robin Shipyard Batam Project di Sekupang pada tahun 1974-1976. Setelah itu, ia menjadi pegawai honores pada Kantor Kecamatan Kundur pada 1976-1978. Pada tahun 1978, Huzrin tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil sebagai guru agama islam pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan kemudian mengajukan permohonan berhenti sebagai PNS sejak 1 September 1998. Di Tingkat legislatif, Huzrin pernah menjadi Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Riau Periode 1987-1992 dan 1992-1997. Di tahun 2000, Huzrin dipercaya menjadi Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Riau dan di tahun yang sama ia menjadi Bupati Kepulauan Riau masa jabatan 2000-2005. Selain dunia birokrasi, Huzrin juga terjun ke dunia bisnis dimana menjadi Presiden Komisaris PT. Anugerah Selat Karimun (ASK) dan Presiden Komisaris PT. Bangun Bandar Cemerlang (BBC).
Huzrin mulai terjun kedalam dunia politik praktis pada tahun 1976 dimana tahun tersebut ia mendapat pembekalan kader GOLKAR di Tanjung Batu Kundur. Di Tahun 1980-1983, Ia menjabat pembantu komisaris Golkar Tanjung Balai Karimun. Tahun 1983-1987, Ia menjabat komisaris Golkar Kecamatan Karimun. Selanjutnya, Ia dipercaya menjadi Ketua Bidang Kerohanian merangkap Wakil sekretaris DPD Golkar Kabupaten Kepulauan Riau (1987-1992). Pada Tahun 1992-1995, Ia dipercaya menjadi Wakil Ketua DPD Golkar Kabupaten Kepulauan Riau merangkap Sekretaris FKP DPRD Kabupaten Kepulauan Riau. Di Tahun 1998-2003, Ia menjabat sebagai Biro Tani dan Nelayan dalam hasil Musda Golkar Propinsi Riau. Sekarang, Ia menjabat sebagai Ketua Harian DPD Partai Golkar Provinsi Kepulauan Riau dibawah Kepemimpinan HR. Agung Laksono dan Zainuddin Amali.
Disamping itu, Huzrin juga aktif dalam kegiatan dan organisasi sosial kemasyarakatan diantaranya menjadi Ketua Yayasan Payung Negeri (1995) dan Memprakarsai Berdirinya Badan Penyelaras Pembangunan dan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Riau Kepulauan (BP3ER) tahun 1999 untuk mewujudkan keinginannya aktif dalam pemberdayaan masyarakat. Selanjutnya, Ia menjadi Ketua Umum Badan Pekerja Pembentukan Provinsi Kepulauan Riau (BP3KR), yang sekarang menjadi Badan Penyelaras Pembangunan Provinsi Kepulauan Riau .
Pada tahun 1996, Huzrin aktif mengikuti pertemuan-pertemuan Nasional dan Internasional, antara lain Anggota Delegasi Indonesia dalam pertemuan serumpun di Singapura. 1997 menjadi anggota delegasi Pengusaha Riau di Malaka Malaysia. Ia juga terlibat dalam kerjasama negeri serumpun yang penuh dengan nuansa kekeluargaan dan saling mengisi antara Kepulauan Riau, Singapura dan Johor (Malaysia) yang dikenal dengan SIJORI menjadi ambisinya. Ia juga telah mencetuskan Pertemuan Pemuda SIJORI dan Majelis Usahawan SIJORI. Serta yang sampai sekarang terus berlanjut adalah Kejuaraan Pencak Silat SIJORI.
Di Nusantara, Ia menjadi Ketua Forum Silaturrahmi Kerator Se-Nusantara (FSKN) Wilayah Provinsi Kepualauan Riau. Ia saat ini juga menjadi pemangku adat Kerajaan Melayu Bintan, Ketua Umum Penguyuban Warga Jawa Among Mitro Provinsi Kepulauan Riau dan Pendiri Gerakan Rakyat Kepri Sukses atau lebih dikenal dengan sebutan GERAK KERIS.
BIODATA
Nama Lengkap  : H. HUZRIN HOOD, SH
Profesi                  : Politisi
Agama                  : Islam
Tempat Lahir      : Sei.Ungar Karimun, Kepulauan Riau
Tanggal Lahir      : Minggu, 10 Oktober 1954
Kebangsaan       : Indonesia

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *