Dinas Perikanan dan Kelautan Bintan Bintan Gelar Lomba Masak Serba Ikan

Bintan -Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bintan menggelar Lomba Masak Menu Serba ikan tingkat Kabupaten Bintan. Lomba tersebut dilaksanakan di Pasar Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kamis 25 Juli 2019.

Lomba masak serba Ikan tersebut mengangkat Tema “Ragam Masakan Ikan untuk menyehatkan Masyarakat mencegah Stunting dan Mencerdaskan anak”

Peserta Lomba masak serba ikan Kabupaten Bintan tersebut menyajikan dalam tiga Menu, yaitu menu Kudapan, menu Balita dan menu Keluarga, dalam Lomba tersebut yang di olah yaitu dari Ikan Tenggiri.

Dalam konteks pembangunan Nasional, peningkatan konsumsi Ikan memainkan 2 (dua) peran yang sangat strategis yaitu sebagai penghela produksi prikanan yang diharapkan berimbas pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan Masyarakat serta mendorong peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia melalui asupan protein yang bersumber dari ikan. Terkait hal tersebut kementerian kelautan dan Perikanan menginisiasi gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) yang sejak tahun 2004 yang telah di terapkan menjadi menjadi program nasional oleh presiden. Dengan diterapkannya GEMARIKAN menjadi program Nasional diharapkna implementasinya dilaksanakan oleh seluruh sektor baik Pemerintah, Suwasta, organisasi Profesional maupun masyarakat luas. Sebagai tindak lanjut dari program tersebut kemeterian kelautan dan perikanan telah menginisiasi pembentukkan Forum peningkatan Konsumsi ikan Nasional (FORIKAN) INDONESIA melalui surat keputusan menteri kelautan dan perikanan RI Nomor 29/MEN/2006 tanggal 20 september 2006.

Dalam Laporan Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Kabupaten Bintan Mumahmad Fachrimsyah menyampaikan kegiatan Lomba masak serba ikan ialah agenda tahunan yang mengacu dalam kegiatan nasional di mulai dari tingkat desa/kelurahan, Kabupaten bahkan Provinsi.
Semoga terselenggaranya Lomba tersebut menjadi motivasi dan mencegah stunting yang lagi maraknya saat ini.
Disampaikan bahwa 2018 Kabupaten Bintan mewakili Provinsi juara 2 di tingkat nasional masak serba ikan, PKK Bintan yang di ketuai oleh ketua Tim penggerak PKK Bintan Deby Maryanti.

Wakil Bupati Bintan Dalmasri syam yang membuka Lomba tersebut menyampaikan Kabupaten Bintan memiliki luas lautan lebih banyak dibandingkan dengan luas daratannya. Tentunya hal tersebut akan sejalan dengan di adakannya acara Lomba masak serba Ikan. Melalui penyelenggaraan lomba masak serba ikan tersebut diharapkan mampu mendorong dan memotivasi minat masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu baru dan menggali potensi kemampuan para ibu-ibu untuk menyebarluaskan informasi menu makanan berbahan baku ikan kepada masyarakat, khususnya sebagai menu hidangan keluarga sehari-hari, sehingga minat mengkonsumsi ikan semakin meningkat di Kabupaten Bintan.

Diketahui juga harus mengetahui bahwa asupan gizi yang berasal dari ikan sangat di butuhkan oleh tubuh manusia, karena ikan merupakan sumber makanan bergizi tinggi, mengandung omega 3 yang sangat penting dalam pertumbuhan otak serta perkembangan retina guna mencerdaskan masyarakat serta generasi penerus bangsa menuju Bintan Gemilang.

Dengan terselenggaranya Lomba tersebut Pemerintah Kabupaten Bintan memberikan apresiasi kepada Dinas perikanan kabupaten Bintan yang telah berupaya dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan potensi diri, pencegahan stunting dan mencerdaskan anak khusunya di Bintan.

Pada kesempatan tersebut Pemkab Bintan juga menyerahkan Bantuan secara Simbolis:
Adapun bantuannya,
-Bantuan Alat Pemotong kerang
-bantuan Sertifikat cara budidaya ikan baik (CBIB)
-Pelakat Lomba masak serba ikan (LMSI)

Adapun juri dalam Lomba Masak serba ikan tersebut Chef profesional, 2 perwakilan PKK Kabupaten Bintan, PKK Provinsi Kepri , Dinas Kesehatan Bintan dan Dinas Provinsi Kepri.
Adapun juara Lomba masak serba Ikan:
Juara,
1. Kecamatan Bintan Timur
2. kecamatan Gunung Kijang
3. Kecamatan Bintan Utara dan harapan I
4. Kecamatan Telok Bintan

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua GOW Kabupaten Bintan, Tim penggerak PKK Provinsi, kepala OPD beserta jajaran, tokoh masyarakat dan masyarakat. -@Mizi Sandiago…

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *