Syahrul Apresiasi Seniman dan Musisi Tanjungpinang

Tanjungpinang – Sempena memperingati Hari Musik Nasional tahun 2019 ini, para seniman dan musisi Kota Tanjungpinang melaksanakan Pentas Seni Musik di Panggung Publik RRI Tanjungpinang, Sabtu (9/3) malam.

Dalam kesempatan ini, ditampilkan berbagai jenis aliran musik dari beberapa grup musik yang berkembang di Kota Tanjungpinang, diantaranya penampilan grup marawis modern ISMA Kepri 757, Keroncong Swara Kepri, Dangkong Mak Dare dan grup band lokal.

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd turut hadir dan memberikan kata sambutan pada peringatan Hari Musik ini. Ia mengapresiasi atas usaha, kontribusi dan konsistensi para seniman dan musisi Kota Tanjungpinang yang telah berpartisipasi untuk turut meramaikan blantika musik lokal maupun nasional. “Saya harapkan para seniman dan musisi dapat terus melahirkan karya musik yang berkualitas, jangan sampai kalah dengan nenek moyang kita dahulu yang mampu melahirkan karya musik yang sampai hari ini dapat kita dengar seperti lagu-lagu Melayu klasik dan masih banyak lagi, yang masih mengalun dan eksis di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Syahrul juga mengatakan saat ini pemerintah telah berupaya untuk menampilkan berbagai kesenian melalui pentas seni melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang setiap Sabtu malam dengan tempat yang berbeda-beda. “Saya telah menginstruksikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang untuk melaksanakan Pentas Seni pada setiap Sabtu malam diberbagai tempat strategis agar kesenian di Kota Tanjungpinang hidup dan tetap eksis, pentas seni ini akan diisi oleh berbagai paguyuban yang ada di Kota Tanjungpinang,” lanjut Syahrul.

Ia juga menginginkan Dewan Kesenian Kota Tanjungpinang dapat lebih aktif dalam melaksanakan berbagai aktivitas seni yang ada di Kota Tanjungpinang. “Saya berharap akan ada rekonstruksi kepengurusan Dewan Kesenian Kota Tanjungpinang yang beberapa waktu lalu vakum akan kegiatan, semoga Dewan Kesenian sebagai lembaga non struktural dan independen dapat menjadi mitra Pemko Tanjungpinang untuk memfasilitasi kegiatan seperti hari musik, hari tari, hari puisi dan beberapa kegiatan lainnya,” harap Syahrul.

Peringatan Hari Musik Nasional ini ditetapkan oleh Pemerintah melalui Keputusan Presiden No. 10 Tahun 2013. Peringatan ini diperingati berdasarkan hari lahir pahlawan nasional W. R. Soepratman pada 9 Maret. Dalam Keppres tersebut dijelaskan bahwa musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional yang mempresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Diakhiri sambutannya, Syahrul berharap sifat universal musik menjadikan semua bangsa menyatu dan mampu menjalin dialog budaya yang akan melahirkan kedamaian dunia. “Musik selalu hadir dimana saja, musik juga hadir dalam berbagai dimensi kehidupan manusia, musik hadir dalam ibadah agama-agama tertentu dan musik juga hadir dalam kelompok masyarakat, teruslah berkarya dan jayalah selalu untuk para seniman dan musisi Kota Tanjungpinang,” tutupnya.

Dalam acara ini juga turut diberikan penghargaan Lifetime Achievement kepada Mak Dare yang telah berkontribusi serta konsisten untuk melestarikan kesenian tradisional Melayu yaitu Dangkong. Penghargaan tersebut langsung diserahkan oleh Walikota Tanjungpinang kepada Mak Dare yang sudah sejak 1999 mendirikan grup musik Dangkong sehingga kini masih eksis.

Turut hadir dalam acara tersebut Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, H. Syafaruddin, S.Sn, MM, Kabid Program dan Siaran RRI Tanjungpinang, Dra. Sri Sulistyaningsih, MM, Ketua Bentan Music Community, David, Owner Kedai Kopi W&W, Isnaini Bayu Wibowo dan para komunitas dan pelaku musik serta seniman Kota Tanjungpinang.(hms pemko)

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *