Sejarah Tugu Pensil di Kota Tanjung Pinang Yang Perlu dikunjungi

TANJUNGPINANG-Tugu Pensil terletak di Jalan Haji Agus Salim, Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Lokasinya yang berada di tepian pantai dahulu disebut daerah Kampung Jawa.

Tugu Pensil terletak di Jalan Haji Agus Salim, Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Lokasinya yang berada di tepian pantai dahulu disebut daerah Kampung Jawa.
Tugu Pensil di Kota Tanjungpinang

Tugu Pensil adalah sebuah tugu berbentuk Pensil, dibangun sebagai simbol pemberantasan buta huruf dan penghargaan bagi tanjungpinang yang dapat membebaskan daerahnya dari buta huruf melalui program Pemberantasan Buta Huruf (PBH) pada tahun 1960-an.

Tugu Pensil berbentuk tugu putih tegak berdiri dengan ujung tugu seperti ujung pensil yang runcing dan disertai bagian bawah yang tidak langsung menyentuh tanah namun diberi alas limas terbalik. Tugu ini dirancang oleh putra daerah bernama Ir Nizar Nasir. Peletakan batu pertamanya dilakukan pada pertengahan tahun 1962 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Prof. Prijono.

Seiring perkembangan kota tanjungpinang, lokasi tugu pensil dibangun menjadi taman kota, dengan pepohonan rindang, lapangan voli, jogging track, arena fitness, arena olahraga.

Disekitara daerah tugu pensil yang dahulunya tempat sepi, kini menjadi tempat olahraga di pagi dan sore hari, tempat bersantau sambil belajar dengan penataan ruangnya yang asri.

Pada malam hari, kawasan tugu pensil banyak disinggahi masyarakat ya g menikmati udara dan pemandangan laut di malam hari dan lokasi sekitaran tugu pensil kini berdiri rumah makan, kios-kios kecil.

Pemandangan tugu pensil dari lautan, tampak tulisan ‘Tugu Pensil’ besar dengan prasasti Gurindam 12 karya Raja Ali Haji.

Fasilitas lokasi tugu pensil beruoa gazebo, dermaga kecil, arena bermain, papan reklame, Toilet, tempat sampah, Gerbang taman, bangku taman, dan lampu taman.

Selain sebagai monumen peringatan, masyarakat kota tanjungpinang dan pendatang sering singgah di tugu pensil untuk aktifitas bermain, belajar, olahraga, rekreasi keluarga, tempat bersantai hingga tempat berfoto bersama teman dan keluarga.

Demikianlah sekilas tentang kawasan tugu pensil, tempat wisata yang ramah bagi semua usia, sendiri, bersama teman ataupun bersama keluarga.

(Sumber : KSMTour)

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *