Nurdin Ingin Pertanian di Kepri Sukses

BATAM- Gubernur H Nurdin Basirun mengatakan ketahanan pangan menjadi salah satu program pembangunan yang dilakukan Pemprov Kepri. Karena itu, Pemprov Kepri, dengan skala prioritas terus membantu petani, untuk membuat produktivitasnya semakin tinggi.

“Kami bersilaturahmi untuk mencari jalan terbaik bagi para petani. Dinas Pertanian akan terus membantu. Termasuk teknologi pertaniannya,” kata Nurdin saat menghadiri Panen Cabe dan Penyerahan Alat Mesin Pertanian untuk di Belongkeng, Pulau Galang, Batam, Sabtu (22/12).

Menurut Nurdin, dia di hari-hari libur memang lebih memilih beraktivitas bersilaturahmi dengan masyarakat. Melihat secara langsung apa yang perlu dibantu. Apa masalah masyarakat yang bisa diselesaikan sesuai skala prioritas dan kemampuan anggaran.

Nurdin ingin pertanian di Kepri bisa sukses. Menghasilkan produk yang dapat menekan inflasi dan memenuhi kebutuhan masyarakat Batam. Karena itu, dia berharap para petani istiqomah.

Karena, kata Nurdin, petani itu harus menyayangi tanamannya. Biar menghasilkan panen yang banyak. Jangan habis nanam tak nengok lagi. Tahu tahu lebih tinggi rumput.

Nurdin paham pupuk menjadi salah satu kendala. Karena harus dibayar terlebih dahulu baru pupuknya bisa didapat. Juga jatah kadang terbatas. Namun, Nurdin tak ingin masalah ini membuat petani padam. Berbagai upaya harus dilakukan, seperti membuat pupuk organik, dan lainnya. Termasuk terus memanfaatkan teknologi pertanian.

“Sekarang bisa memanfaatkan teknologi pertanian. Dengan teknologi, kerja ringan hasil banyak,” kata Nurdin.

Soal sertifikat menjadi salah satu curahan hati petani. Nurdin bilang masalah tersebut akan dilaporkannya ke Presiden Joko Widodo. Apalagi Jokowi sudah memerintahkan BPN untuk cepat menerbitkan sertifikat gratis. Pekan lalu, Nurdin juga sudah membagi-bagikan banyak sertifikat untuk masyarakat.

“Kerja dan jaga baik baik. Keluhan ini kita sampai ke Pak Presiden,” kata Nurdin.(Tra)

Sharing berita

About the Author: starberita

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *