Jokowi Minta Pasar Tradisional Diperhatikan

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara, Iriana Widodo (dua kiri) membeli jambu di Pasar Mama-mama, Papua. ( Foto: Biro Pers Media Kepresidenan / Agus Suparto )

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim selama empat tahun menjabat sebagai presiden, pemerintahannya telah membangun ribuan pasar tradisional di seluruh Indonesia.

“Dalam 4 tahun ini, hingga 2017 kita telah membangun 2,660 pasar di seluruh tanah air. Ditambah 2018 sekitar 1.500-an (pasar), plus pasar di desa yang telah dibangun 6.500 pasar desa. Meski kecil-kecil tapi ini sangat bermanfaat bagi ekonomi di desa,” kata Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) di Hotel Arya Duta, Jakarta, Rabu (12/12).

Menurutnya, pasar-pasar tradisional harus diperhatikan karena menjadi tempat berkumpulnya produk-produk hasil usaha rakyat.

“Kenapa harus beri perhatian kepada pasar rakyat? Karena pasar ini tempat berkumpulnya hasil-hasil pertanian, nelayan, pengrajin, semuanya berkumpul di situ (pasar tradisional),” ujar Jokowi.

Pembangunan pasar ini, kata Presiden, sekaligus untuk mengubah citra pasar tradisional yang dikenal kotor.

Dia mengatakan, sudah menjadi tugas pemerintah dan swasta untuk memperbaiki dan menjaga pasar tradisional agar tetap diminati konsumennya.

“Bangun semuanya dari pasar yang becek, tidak teratur, tidak rapi, tidak ada tempat parkir, bau, menjadi pasar bersih, tertata, tidak bau. Memang konsumen menghendaki seperti itu,” tutur Jokowi.

Aichi Halik / AHL

Sumber: BeritaSatu TV

About the Author: starberita

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *