Kampanye Germas, Dinas Kesehatan Gandeng Perguruan Tinggi

 

Tanjungpinang- Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, menggelar Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tingkat Kota Tanjungpinang 2017, di Aula Bulang Linggi, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Selasa (24/10).

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan masyarakat agar berprilaku hidup sehat, secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si.

Sekretaris Daerah, Drs. Riono, M. Si, mengungkapkan dimasa pemerintahan Walikota H. Lis Darmansyah dan Wakil Walikota H. Syahrul, tidak kurang perhatian pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya. Beliau konsen bagaimana pelayanan kesehatan masyarakat terus meningkat, dengan membenahi sarana dan prasarana kesehatan yang ada.

” Alhamdulillah, sebelumnya bagunan Puskesmas sederhana, itu semua sudah berubah, hingga kita diapresiasi oleh tamu yang datang ke Kota Tanjungpinang. Begitu juga, dengan pelayanan kesehatan, dulunya, kita selalu diprotes terkait pelayanan RSUD, masyarakat sampai mengatakan bagaimana mau sehat, kalau perawatnya tidak ramah, malahan pasien yang masuk bertambah sakitnya ” sakit hati “, ucap Sekda mengulang kritik masyarakat. Alhamdulillah, kini masalah itu semakin berkurang, bahkan beberapa Puskesmas kita sudah terakreditasi,” tambahnya

Menurut Sekda, germas merupakan upaya penguatan pembangunan kesehatan yang melibatkan semua unsur pemerintah dan masyarakat, karena itu, gerakan masyarakat sehat bukan hanya menjadi tugas Dinas Kesehatan, tetapi tugas seluruh OPD sesuai tupoksinya, misalnya Dinas Kepemudaan dan Olahragan melaksanakan lomba lari 10 Kilometer, Bappelitbang menggarkan keuangannya, dan sebagainya. Kemudian mengoptimalkan lembaga Perguruan Tinggi, kesehatan bukan saja dilingkungan internal semata, tetapi pengaruh lingkungan ekternal juga luar biasa.

‘ Semuanya harus sinergi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kota Tanjungpinang”, ujarnya

Melalui kampnye germas ini, seluruh OPD dapat menyesuaikannha, saya yakin seluruh semua pihak sudah melakukan gerakan ini, sehingga germas berdampak pada capaian masyarakat Tanjungpinang yang sehat secara keseluruhan. Makin sehat masyarakat, angka harapan hidup semakin tinggi, biaya pemerintah berkurang, dan hidup masyarakat dapat berjalan damai dan sejahtera,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana, Rustam, SKM, M. Si, menjelaskan germas adalah upaya dalam mewujudkan keshatan masyarakat. Ada tantangan hadapi beban ganda, di satu sisi penyakit menular masih cukup tinggi, dan disisi lain penyakit tidak menular, seperti, jantung, pembuluh darah, hipetensi, kanker, dan kecelakaan, dan jumlah ini dari waktu ke waktu semakin tinggi pengaruhi harapan hidup manusia. Karena itu, gerakan masyarakat hidup sehat sangat penting untuk mencapai masyarakat yang sehat,” katanya

Untuk mencapai masyarakat sehat, perlu keterlibatan lintas sektor, baik Lurah, Camat, OPD, PKK, para kader, bahkan Poltekes, Akbid, dan masyarakat, agar kegiatan germas yang sudah kita lakukan lebih terencana, sistimatis, dan berkesinambungan.

” Saya ingin Germas diperkuat, untuk itu, kami membuat dengan penandatangan pernyataan komitmen sebagai langkah koordinasi dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya “, ucapnya

Kegiatan ini turut dihadiri, Direktur Poltekes Kemenkes Tanjungpinang, Direktur Akbid, Dirut RSUD, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi, para kader, Camat, Lurah, serta OPD, organisasi IDI.

Dikesempatan ini, Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang bersama Poltekes Kemenkes, Akbid, menandatanggani Mou program Indonesia Sehat dan Keluarga Sehat.*(Humas)

 

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *