Wapres Minta Rizieq Patuhi Hukum

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Syihab (dua kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta, 23 Januari 2017. (BeritaSatu Photo/Joanito De Saojoao)

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) meminta pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab menaati hukum yang ada di Indonesia. Dengan pulang ke Tanah Air memenuhi panggilan Mabes Polri guna menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan pornografi.

“Tentu kita harapkan semua orang taat hukum, termasuk Rizieq Syihab,” kata JK di rumah dinas (rumdin) Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta, Selasa (23/5).

Hanya saja, JK meyakini bahwa Rizieq akan kembali ke Tanah Air dari menjalankan ibadah ke Arab Saudi, untuk memenuhi panggilan kepolisian.

“Saya yakin dia (Rizieq) akan segera kembali untuk memenuhi kewajiban hukumnya di negeri ini. Pasti begitu,” ujarnya.

Sebelumnya, Kabag Penum Polri Kombes Martinus Sitompul memastikan bahwa Rizieq Shihab akan kembali ke Indonesia setelah Hari Raya Idul Fitri. Demikian, sebagaimana disampaikan penasihat hukum Rizieq kepada Mabes Polri.

“Kita imbau melalui penasehat hukum untuk bisa mendatangkan Rizieq untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus ini. Penyidik memiliki sebuah perencanaan penyidikan. Memiliki strategi penyidikan yang kemudian ini akan digunakan untuk melakukan proses hukum tadi. Ini tergantung penyidik untuk proses hukum,” kata Martinus.

Dalam kasus ini polisi telah menetapkan Firza Husein sebagai tersangka. Kendati begitu polisi belum melakukan penahanan kepada Firza yang juga telah jadi tersangka dalam kasus makar.

 

Suara Pembaruan

Novi Setuningsih/YUD

Suara Pembaruan

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *