Bintan Terima Penganugerahan Penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM)

Bintan – Dalam Rangka Memperingati hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-68, Kementrian Hukum & HAM Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada 10 gubernur, 228 bupati/walikota dan 12 Kakanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia, Pemerintah Kabupaten Bintan menjadi salah satu kabupaten yang diberikan penganugerahan penghargaan sebagai kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM), penghargaan diserahkan langsung oleh Menkumham, Yasonna Laoly dan diterima oleh Bupati Bintan Apri Sujadi, S. Sos di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Propinsi Jawa Timur, Kamis (8/12)

Menteri Hukum & HAM, Yasonna Laoly mengatakan bahwa penganugerahan Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) diberikan dalam rangka memperingati hari Hak Asasi Manusia sedunia Ke-68, dapat pemicu pemerintah kabupaten / kota agar dapat mengimplementasikan beberapa hal diantaranya rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM), Strategi Nasional Akses Terhadap Keadilan.

Selanjutnya, mendukung implementasi kebijakan three plus track (pengentasan kemiskinan, pertumbuhan pekerjaan dan peduli lingkungan hidup) serta Pelaksanaan Millenium Development Goals (MGDs).

Dijelaskan lebih lanjut, HAM tidak selalu identik dengan pelanggaran ataupun permasalahan, tapi HAM disini dalam konteks pemerintah daerah membangun daerahnya menjadi layak dijadikan sebagai tempat hidup.

“Peduli HAM berarti memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat dan meningkatkan pelayanan publik,” tuturnya.

Untuk mendukung seluruh cakupan program-program terkait HAM, Kementrian hukum & HAM juga telah meluncurkan system pengaduan secara online yang nantinya setiap orang dapat memberikan informasi terkait pelanggaran dan permasalahan yang terjadi di daerah masing-masing.

Bupati Bintan Apri Sujadi, S. Sos disela acara mengatakan bahwa Pemberian penganugerahan ini merupakan pemicu agar kabupaten / kota lainnya untuk dapat memperjuangkan Hak – hak mendasar masyarakat, seperti dikatakan pak menteri, Persoalan HAM tidak hanya berbentuk pelanggaran tetapi lebih kepada pemenuhan hak mendasar, membangun daerah menjadi layak dijadikan sebagai tempat hidup dll, khusus kabupaten bintan, hal yang mendasar itulah yang akan terus kita perjuangkan agar bintan menjadi bintan yang semakin gemilang.

Selain itu, di kepulauan riau, daerah yang mendapatkan penganugerahan peduli Hak Asasi Manusia (HAM) hanya kabupaten bintan dan kota Tanjungpinang, diharapkan kedepan seluruh daerah yang berada di kepulauan riau dapat juga menerima penghargaan ini,”tutupnya

Media Center Bintan

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *