Ilustrasi sabu-sabu (Antara/Darwin Fatir)
Ilustrasi sabu-sabu (Antara/Darwin Fatir)

Medan – Kepolisian Resort (Polres) Tanjung Balai, Sumatera Utara, menangkap dua tersangka bandar narkoba di Tanjung Balai. Kedua tersangka yang memiliki jaringan ke mafia di Malaysia itu ditangkap dengan barang bukti sabu-sabu seberat 500 gram.

“Kedua tersangka yang ditangkap itu berinisial Z (44) dan ES (36), yang merupakan warga Tanjung Balai. Mereka merupakan jaringan narkoba internasional,” ujar Kapolres Tanjung Balai, AKBP Ayep Wahyu Gunawan, Selasa (7/6) malam.

Ayep mengatakan, penangkapan itu berawal dari informasi masyarakat. Polisi melakukan penyelidikan dengan menyaru sebagai pembeli. Kemudian dilakukan transaksi di sebuh kamar hotel di Tanjung Balai dan polisi langsung melakukan penangkapan.

“Dua unit handphone milik kedua tersangka juga disita. Kedua tersangka masih diperiksa untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut. Barang haram itu dipasok dari Malaysia, yang diangkut menggunakan kapal tongkang bermuatan bawang,” katanya.

Menurutnya, kedua bandar narkoba itu dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) subs Pasal 112 ayat (2) Subs Pasal 132 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Hukuman maksimal atas pelanggaran pasal itu adalah hukuman mati.

Suara Pembaruan

Arnold H Sianturi/HA

Suara Pembaruan