Petugas Damkar Perlu Mendapatkan Tambahan Pembekalan Pengetahuan

damkar

 Bintan – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan peningkatan keterampilan anggota Pemadam kebakaran, BPBD kabupaten Bintan mengadakan pelatihan peningkatan pelayanan penggulangan bahaya kebakaran, selasa 24 Mei 2016.

Acara yang dilaksanakan 3 hari ini, dimulai pada tanggal 24 sampai 26 mei dengan mendatangkan tenaga pengajar dari pusdiklat penanggulangan kebakaran dan penyenyelamat Propinsi DKI jakarta(Sudarmanto), BPBD Propinsi Kepri, PMI Kabupaten Bintan dan BRC Lagoi.

Para peserta terdiri dari 11 orang dari UPT Damkar Kijang, 11 Orang dari UPT Toapaya dan 10 Orang dari UPT Tanjung Uban. seluruhnya berjumlah 32 orang peserta.

Kepala BPBD Bintan, Drs. Patimura dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan kepada para petugas pemadam kebakaran dalam menanggulagi kebakaran hutan dan lahan.

Untuk diketahui, kebakaran hutan dan lahan dikabupaten Bintan merupakan kejadian yang berulang setiap tahunnya, khususnya pada musim kemarau.

pada tahun 2015 sebanyak 133 kejadian kebakaran hutan dan lahan tercatat sampai dengan bulan April 2016 terdapat 82 kejadian kebakaran yang umumnya diakibatkan oleh api puntung rokok dan cuaca yang menyengat.

Oleh karena itu petugas kebakaran wajib memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana cara melakukan kegiatan pencegahan bahaya kebakaran dan bagaimana cara mengoperasikan peralatan penanggulangan pemadam kebakaran secara tepat, cepat dan benar.

Petugas pemadam kebakaran harus memiliki kebanggaan akan profesi, kita dituntut untuk profesionalisme dan kesungguhan karena didalam profesi petugas pemadam kebakaran terkandung misi sosial kemanusiaan untuk menyelamatkan jiwa raga serta harta benda milik masyarakat.

Kami berharap kepada seluruh peserta pelatihan mengikuti dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, semoga apa yang kita kerjakan mendapat keridoan Allah SWT.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan. Perwakilan Kapolres Bintan, kepala BPBD Propinsi kepri, Ka. BPBD kota Tanjungpinang, Ka. SAR Tanjungpinang serta para camat se-kabupaten Bintan dan para undangan lainnya.Humas

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *