Apri Sujadi Ingin Seluruh Desa Berikan Pelayanan Maksimal

APRI DESA

 Bintan – Dalam menjalankan roda pemerintahan dengan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat, tentunya dibutuhkan peran dari semua pihak, untuk itu Bupari Bintan Apri Sujadi, S.Sos didampingi Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, MM memimpin Rapat tentang Keuangan Desa tahun 2016, Selasa (15/3/2016) di Aula Kantor Bupati Bintan.

Dalam rapat ini, turut hadir, Wakil Bupati Bintan, Drs. Dalmasri Syam, MM, Sekertaris Daerah, Ir. Lamidi, MM Pimpinan SKPD, Camat, Kepala Desa, Sekertaris Desa dan Bendahara Desa serta Tenaga Ahli yang dalam hal ini mendampingi pelaksanaan pembangunan di setiap desa di Kabupaten Bintan.

Dalam sambutannya, Apri Sujadi mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi atas kehadiran seluruh para undangan yang hadir pada rapat ini sehingga berjalan dengan baik.

“Desa merupakan ujung tombak pembangunan dan segala macam permasalahan, untuk itu kita harus berikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” ujar Apri Sujadi.

Apri Sujadi juga ingin pembangunan juga dapat dirasakan oleh masyarakat, untuk itu aparat Camat maupun Desa harus libatkan atau merangkul masyarakat untuk turut ikut andil dalam pembangunan desa.

“Tentunya, Desa harus melibatkan masyarakat dalam Gotong royong dan kegiatan lainnya. Agar permasalahan yang dialami bisa terselesaikan dan saat ini tentunya adalah menjadi awal perbaikan dalam pelayanan,” ujar Apri Sujadi.

Selain itu, Kepala Desa juga bisa konsentrasi dalam melayani segala bentuk aspirasi masyarakat dalam hal perbaikan pelayanan dan jangan ada lagi keluh dan kesah terjadi di dimasing-masing desa.

“Perlu sinergi antara Kepala Desa dan Sekertaris Desa serta Bendahara Desa dalam pengelolaan dana Desa ini.  Dan hal ini, menjadi perhatian kami agar roda pemerintahan bisa berjalan dengan maksimal,” ujar Apri Sujadi.

Tentunya, acara ini dapat memberikan pemahaman sacara teknis dalam pengelolaan anggaran Desa. Sebagai ujung tombak pembangunan, tentunya agar Desa dapat melaksanakan sesuai prosedur dan masksimal perannya.

“Permasalahan pembangunan, sosial dan lainnya memang benar-benar menjadi petimbangan kami dan Insyallah kami (Apri dan Dalmasri) akan berkunjung ke Desa-desa Ibu dan bapak semuanya. Demi tecapainya, mutu pelayanan yang maksimal kepada masyrakat,” ujar Apri Sujadi.

Sekali lagi, Apri Sujadi berpesan kepada seluruh Camat, Lurah dan Desa agar dapat melibatkan Masyarakat dalam pembangunan di desanya masing-masing.

Selanjutnya, Wakil Bupati Bintan Drs. H. Dalmasri Syam, MM menambahkan bahwa, apa yang sudah dijelaskan oleh Bupati Bintan sudah terang dan jelas, bagaimana agar Desa dapat memiliki pemahaman dalam pengelolaan keuangan desa agar tepat sasaran dan dapat di pertanggung jawabkan seacar administrasi.

oleh sebab itu, Dalmasri menekankan hal ini bahwa, ini merupakan perhatian serius, jangan sampai perangkat desa diinapkan kejaksaan karena tidak paham bagaimana cara mengelola keuangan desa.

“Kami, saya dan pak Apri hanya tidak ingin perangkat desa diinapkan, untuk itu kami adakan rapat ini agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan,” ujar Dalmasri Syam.

Selain itu juga, untuk PJ Kepala Desa, Dalmasri Syam mengharapkan agar dapat menandatangani apa yang harus ditandatangani karena PJ juga menggunakan dana, jadi jangan ada alasan karena PJ tidak bisa menandatangani LPJ.

“Saya sedikit menekankan lagi, tugas kepala dan perangkat Desa itu melayani masyarakat, saya minta seluruhnya, harus dengan ikhlas dalam hal membantu masyarakat. Dan yang paling, utamanya menyangkut pengurusan surat- menyurat pembuatan KTP dan lainnya,” ujar Dalmasri Syam.

Selain itu, jangan ada prinsip “Kalau bisa dipersulit kenapa harus dipermudah” ada di Desa, prinsip itu jaman dulu. Desa harus mempunyai prinsip yang betul kalau “Bisa dipermudah kenapa harus dipersulit”, hal ini harus dijadikan perhatian. Termasuk  persoalan tanah, tolong hati-hati dalam pengurusan ini, bukan memperlambat, hati-hati dalam hal ini yakni harus dilihat dasar-dasarnya dengan catatan tidak memperlambat.

Selain itu, Dalmasri Syam juga menegaskan, Desa sebagai pelayan masyarakat harus loyal dengan jabatan dan pemerintah, karena kita digaji oleh pemrintah. Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan Media Sosial (MEDSOS) terutama Facebook harus di pergunakan dengan baik, baik itu menyampaikan kritik harus ada tatakramanya.

“Pilkada sudah selesai, Kami mengucapkan terima kasih kepada semuanya yang dalam hal ini turut serta dalam menyuskseskan Pilkada di Bintan sehingga berjalan dengan lancar dan sukses tidak terjadi permasalahan yang terjadi,” ujar Dalmasri Syam.

Semantara itu, Kepala DPPKD Kabupaten Bintan, Adi Prihantara menjelaskan prosedur pengelolaan dana desa, yang pada intinya harus direncanakan, digunakan dan dipertanggungjawabkan.

“Ketiga hal ini, agar dapat transparan dalam mencatat semua perencanaan biar semua tau dan baca. Selanjutnya, harus akuntabel dalam pertanggungjawaban kemudian disiplin untu mencatat semua laporan,” ujar Adi Prihantara.

Dalam hal ini, Adi Prihantara menekankan bahwa yang perlu disadari, yakni bagaimana meningkatkan pelayanan di semua lini. Seperti, Camat membina Desa dan Desa membina Masyarakat dalam hal membuat perencanaan, dan hal ini tentunya akan dibantu oleh pendamping desa.

“Pembuatan perencanaan ini harus dikerjakan, bersama-sama jangan sendiri- sendiri, harus melibatkan juga BPD, dan mengundang masyarakat semua,” ujar Adi Prihantara.(HMS)

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *