Pemkab Bintan Sambut Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1437 Hijriyah

MAULUD

 Bintan –(BT)- Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1437 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 24 Desember 2015 mendatang, Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Bagian Kersa Sekretariat Daerah Kabupaten Bintan menggelar kegiatan sebagai bentuk ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Kegiatan rutin tahunan ini di gelar di Masjid Raya Nurul Iman, Kijang, Kec. Bintan Timur, Selasa (15/12).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Bintan, Drs. H. Doli Boniara, M.Si, Anggota DPRD Kabupaten Bintan, Asisten Bupati, Staf Ahli, Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bintan dan masyarakat.

Kegiatan ini turut dimeriahkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Al-Ustadz Muchtar Fatawi dari Jakarta yang sering mengisi sesi acara “Damai Indonesia” yang disiarkan di salah satu stasiun televisi nasional yakni TV One.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Bintan mengatakan peringatan maulid nabi harus dimaknai sebagai upaya menghidupkan nilai-nilai akhlakul karimah Nabi Muhammad SAW dalam setiap tindakan sehari-hari.

“Kegiatan ini tentunya berguna untuk mengukur sejauhmana perilaku Rasulullah telah kita laksanakan dalam kehidupan,” katanya.

Diantara akhlak rasulullah yang patut diteladani, menurut Doli, adalah menjunjung tinggi persaudaraan dan persatuan sebagaimana yang telah tertuang dalam Al-Qur’an dan Hadist. Menghina dan merendahkan manusia sama halnya menghina penciptanya karena manusia sama-sama dicptakan Allah SWT.

“Rasulullah melarang kita untuk menghina dan merendahkan orang lain, apapun suku dan bangsanya termasuk apapun latar belakang keyakinannya,” terang Doli.

Sehubungan telah dilaksanakannya pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember yang lalu, Doli mengajak masyarakat untuk bersyukur mengingat pilkada telah berjalan dengan baik, tertib dan aman meskipun terdapat gesekan dan ketegangan di tengah-tengah perbedaan pilihan masyarakat.

Oleh sebab itu, melalui momentum Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1437 Hijriya ini, Doli berharap masyarakat dapat bersatu dan bersama-sama melangkah menuju Bintan yang lebih baik dimasa mendatang.

“Tidak ada lagi 1 atau 2, Asri atau Khawan, Sanur atau SAH, tetapi yang ada hanyalah kita untuk Bintan yang lebih gemilang,” imbuh Doli.

Dalam kesempatan yang bersamaan, juga dilakukan pengukuhan pengurus Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bintan periode 2015-2020 yang dikukuhkan oleh Penjabat Bupati Bintan, Drs. H. Doli Boniara, M.Si.

Doli menyampaikan apresiasi kepada pengurus yang lama dan mengucapkan selamat kepada pengurus BAZNAS Kabupaten Bintan yang telah dikukuhkan tersebut. Selanjutnya Doli berharap dapat melaksanakan amanah yang telah di berikan.

“Semoga saudara-saudara yang baru saja dikukuhkan dapat melaksanakan tugas sebagai amil zakat dengan sebaik-baiknya,” harap Doli.

Hal ini disampaikan Doli mengingat bahwa zakat merupakan potensi material kaum muslim dan salah satu pilar agama Islam yang memiliki fungsi yang sangat strategis dalam membangun masyarakat yang kuat dan sejahtera.

Sementara, ustadz Ahmad dalam ceramahnya mengatakan, megahnya masjid-masjid di Bintan ini, seharusnya harus diisi dengan anak-anak muda yang menjadi muadzin dan imam agar para ma’mum bisa khusuk dalam menjalankan ibadah sholat di masjid ini.

“Kalau yang adzan dan imamnya anak muda yang suaranya fasih dan merdu, pasti ma’mumnya khusuk,” ujar Ahmad.

Selain itu, Ahmad menghimbau agar jangan terkecoh dengan isu-isu yang beredar saat ini, islam harus kuat dan bersatu. Jangan saling menyalahkan dan cepat membid’ahkan.

“Tanamkan dengan niat dengan hati kita, berkumpulnya kita diacara ini sebagai bentuk rasa kecintaan kita kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW,” ujar Ahmad.

Untuk itu, bacalah lagi sejarah, bahwa rasulullah itu sangat  penyayang pada umatnya, bahkan sebelum meninggal rasulullah menyebut dan memanggil umatku. Selain itu, pada saat orang kafir meludahi rasulullah, Ia tidak marah.

“Mudah mudahan kita tergolong orang-orang yang dicintai Allah dan Rasulullah dan mudah-mudahan diberikan anak yang sholeh,” ujar Ahmad.(Humas)

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *