Jakarta – Hasil survei Lembaga Klimatologi Politik (LKP) menyatakan bahwa tingkat kepuasan publik atas kinerja pelayanan birokrasi publik semakin meningkat selama satu tahun pemerintahan Jokowi-JK dibandingkan pemerintahan sebelumnya.

Hal itu merupakan temuan hasil survei nasional yang dilakukan LKP pada 24-29 Oktober 2015.

“Berdasarkan temuan LKP, mayoritas responden atau 44,3 persen mempersepsikan birokrasi pelayanan publik semakin baik setelah satu tahun pmerintahan Jokowi-JK. Sebanyak 42,8 persen mempersepsikan sama saja dan 10,5 persen menyatakan semakin buruk dibanding Pemerintahan sebelumnya,” kata CEO LKP Usman Rachman, Selasa (3/11).

Kata Usman, membaiknya kinerja birokrasi pelayanan publik di mata masyarakat tidak lepas dari berbagai program Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang dipimpin Menteri PAN-RB, Yuddi Chrisnandy dan menteri lain.

Dari hasil riset LKP, ditemukan tujuh menteri Kabinet Kerja yang dianggap memiliki kinerja terbaik. Antara lain Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Mendikbud Anies Baswedan, Mensos Khofifah Indar Parawangsa, Menko Kemaritiman Rizal Ramli, Menpan-RB Yuddy Chrisnandi , Menhub Ignasius Jonan, serta Mendagri Tjahjo Kumolo.

Sementara Tujuh menteri dalam Kabinet Kerja dinilai berkinerja buruk selama satu tahun pemerintahan Jokowi-JK adalah Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nachrawi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Menteri ESDM Sudirman Said.

Survei LKP dilaksanakan pada 24-29 Oktober 2015 di 34 provinsi, dengan 784 responden yang diwawancara lewat sambungan telepon. Ambang kesalahan riset itu adalah plus minus 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Markus Junianto Sihaloho/FQ

BeritaSatu.com