Pj Bupati Bintan Hadiri Apel Besar Persiapan Pilkada 2015 di Batam

MENTERIBINTAN-(BT)-Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahyo Kumolo, menghadiri kegiatan Gelar kesiapan Camat dan Satpol PP dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2015, di Pelataran Engku Putri batam, Jumat (18/9).

Dalam sambutannya, Cahyo Kumolo menyampaikan 3 hal penting yang perlu diketahui oleh para camat.antara lain, Pertama, camat harus netral, adil, bisa menggerakkan dan mengorganisir masyarakat, tidak hanya dalam rangka pilkada, pileg ataupun pilpres. Camat juga harus dapat bertindak sebagai pengayom masyarakat, Sebagai aparatur pemerintah ditingkat kecamatan yang mengkoordinir lurah serta para kepala desa yang ada.

Selain itu juga, Cahyo Kumolo mengatakan, bahwa hal Yang kedua, adalah perlu diingatkan bahwa tugas camat, serta seluruh aparatur pemerintah, adalah melayani masyarakat dengan ikhlas. Dalam artian, bahwa PP, Pergub, Perbup, peraturan walikota atau peraturan daerah lainnya yang sudah tidak sesuai harus di hapuskan.
Termasuk pemotongan jalur birokrasi, harus dilakukan dengan baik. Contoh, pengurusan UKM  ditingkat desa dan keluraham cukup ditandatangani oleh Camat. Segala hal yg berurusan dengan E KTP, akte kelahiran, akte kematian, tidak dipungut retribusi sama sekali. Memberikan masyarakat pelayanan dengan baik, ini harus dilakukan.ungkap Cahyo.

Salah satu contoh pemotongan jalur birokrasi yang dilakukan oleh pemerintah, misalnya, jika dulunya pembangunan sumber energi membutuhkan pengurusan 100an lebih izin, kini sudah dipangkas menyisakan 60 izin namun itupun masih terlalu banyak, diharapkan bisa di pangkas lebih banyak lagi hingga menyisakan 2 lembar perizinan saja contohnya.

Ini diperlukan agar pemerataan pembangunan di seseluruh daerah dapat segera dilaksanakan, seperti apa yang diharapkan mulai dari presiden hingga kepala desa, yaitu masyarakat harus dapat dilayani sebaik mungkin.

Ia pun mengingatkan agar seluruh aparatur pemerintah dapat memahami bahwa jabatan yg disandang tersebut membutuhkan pertanggung jawaban, baik kepada negara, masyarakat, dan tentu saja kepada Allah SWT nantinya. Imbuh Cahyo.

Yang ketiga, Cahyo mengatakan bahwa tugas camat adalah melakukan koordinasi, dengan seluruh perangkat, seluruh elemen masyarakat ditingkat kecamatan maupun desa. Seperti Kapolsek, Danramil, dan tokoh-tokoh masyarakat. Ini diperlukan demi menjaga stabilitas pemerintahan. Itu tidak akan tercipta jika tidak membangun koordinasi yang baik. Dikatakan Cahyo.

Jangan hanya mendatangi Kapolsek, Danramil ataupun tokoh masyarakat setempat saat ada masalah saja, tetapi Camat harus terus menerus melakukan koordinasi dan komunikasi, serta melakukan pemetaan daerah, mana yang rawan bencana, mana yang padat penduduk, mana yang memiliki potensi kerawanan, ini semua harus ditangani dengan baik.

Pemerintah pada tahun ini, dan tahun depan, telah berusaha menggerakkan pedesaan dengan menganggarkan dana desa dengan nilai yang besar, demi mempercepat pemberdayaan, mengoptimalkan pemerataan pembangunan desa, dan camat sebagai koordinator, harus mengawasi ini dengan baik. Agar semangat gotong royong, semangat mengorganisir masyarakat dapat terwujud dengan baik.

Selain itu juga, Penjabat bupati bintan, Doli boniara yang turut hadir dalam Apel tersebut, mengatakan, bahwa para camat, khususnya di wilayah Kabupaten bintan, diharapkan dapat benar-benar mengimplementasikan poin-poin yang disampaikan oleh Bapak Menteri Dalam negeri Cahyo Kumolo, “ini harus dilaksanakan, poin poin tadi penting semuanya, dan harus diimplementasikan dengan baik oleh para camat.

Khususnya di kabupaten bintan, Doli  berharap, camat dapat kembali meninjau mana aturan-aturan yang memperpanjang birokrasi, agar segera dikoordinasikan, sehingga dapat segera di lakukan pemangkasan birokrasi tadi, dengan baik dan benar. Harap Doli.

Turut hadir dalam pelaksanaan apel tersebut, seluruh Bupati dan Walikota Se Indonesia, dan Para Camat.

Selain itu juga, dilanjutkan gelar nasional kesiapan camat sebagai pelaksana urusan pemerintahan umum di wilayah dalam mensukseskan pilkada serentak tahun 2015 di Hotel Harmoni One Batam, dari tanggal 17 sampai dengan 19 September 2015.(HMS)

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *