Pukul Bedug, Walikota Tanjungpinang Lepas Pawai Takbir Idul Fitri 1436 H

pawai-takbir

 

TANJUNGPINANG-(BT)-Allahu Akbar… Allahu Akbar… Allahu Akbar…. Laa Ilahailaillahu Allahu Akbar.. Allahu Akbar Walillahi Ilham…Gema takbir tanda kemenangan bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa ramadhan 1436 H berkumandang. Suara takbir terdengar sahut menyahut di seluruh wilayah Kota Tanjungpinang.

Ribuan masyarakat serta mobil hias terlihat menuju area Terminal Sungai Carang, Bintan Center, Tanjungpinang pada Kamis malam (16/7).

Ya, di Terminal Sungai Carang inilah semarak pawai takbir menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 H dimulai.

Tampak berdiri di panggung utama Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, didampingi istrinya Ibu Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si, dan istri Ibu Ersa Famella, Kapolres Tanjungpinang, unsur FKPD, dan Anggota DPRD Kota Tanjungpinang.

Selain itu hadir pula para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD, Camat Lurah dilingkungan pemko tanjungpinang, yang turut mendampingi Walikota Tanjungpinang melepas pawai takbir pada malam itu.

Pelepasan pawai takbir tersebut ditandai dengan pemukulan bedug yang diikuti dengan konvoi mobil hias. Satu persatu kendaraan roda empat yang dihiasi dengan ornamen masjid disertai lampu kerlap kerlip itu dilepas Lis sembari melambaikan tangan kepada para peserta karnaval.

Sebanyak 150 kendaraan roda empat yang dihiasi menyemarakkan pawai takbiran pada malam itu berasal dari jemaah masjid, remaja masjid, LSM, serta elemen masyarakat di kota tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH, menyampaikan rasa gembira dan bahagianya kepada seluruh masyarakat kota tanjungpinang, karena kita bisa bersama-sama merayakan hari kemengan umat Islam 1 Syawal 1436 H, “ Saya atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah, mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1436 H, minal aizinwalfaizin, mohon maaf lahir dan bathin “ Ucap Lis saat memberikan sambutan sebelum melepas pawai takbir idul fitri 1436 H/ 2015 M.

Allahu Akbar… Allahu Akbar… Allahu Akbar.. Walillahi Ilham.. lafas itu terus diucapkan Lis atas rasa syukurnya menyambut hari kemengan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa, “ Marilah sambut hari kemenagan dengan rasa suka cita dan kegembiraan dan memperbanyak menyuarakan takbir, tahlil dan tahmid,”Pesan Lis

Dikatakan Lis, pawai takbir yang kita laksanakan pada malam ini, merupakan bentuk rasa syukur sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya dan syiar islam sebagai media silaturahmi diantara umat muslim di kota tanjungpinang dalam nuansa islamiah yang dapat menjadi pondasi guna terciptanya persaudaraan berbangsa, bertanah air, khususnya di kota tanjungpinang yang kita cintai ini.”Ucap Lis

Lebih lanjut Lis meminta seluruh peserta pawai takbir supaya menjaga ketertiban, keamanan, kententraman, serta menghindari hal-hal yang dapat merugikan kita semua, “Pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si, menuturkan bahwa tujuan pelaksanaan pawai takbir ini adalah untuk mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, meningkatkan ukhwuah islamiah diatara umat muslim, menumbuhkembangkan syiar agama di kota tanjungpinang, serta memeriahkan hari raya idul fitri sebagai wujud suka cita menyambut hari kemenangan,”Tuturnya.

Peserta pawai yang dilepas di Terminal Sungai Carang Bintan Center akan melewati rute Jalan DI. Panjaitan, Jalan R.A Fisabililah, melewati Mapolres Tanjungpinang, kemudian menuju Jalan A. Yani, Jalan MT. Haryono, Jalan Brig. Katamso, Jalan Kamboja, Jalan Ketapang, Jalan Merdeka, menuju Jalan Yusuf Kahar depan Gedung Daerah, dan Kantor Badan Perpustakaan Daerah Kota Tanjungpinang, Tepi Laut sebagai tempat perhentian terakhir pawai takbir.

Kemeriahan pawai takbir pada malam itu terlihat ketika, orang dewasa serta anak-anak yang berada di atas kendaraan hias mengumandangkan takbir yang diiringi dengan tabuh bedug. Ribuan warga yang ingin menyaksikan pawai takbir itu pun, tumpah ruah di jalan-jalan yang dilalui peserta pawai takbir.***

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *