Lis Minta PPS Pilgub Netral

pelantikan pps

TANJUNGPINANG-(BT)-Walikota Tanjugpinang, H. Lis Darmansyah, SH, meminta Panitia Pemungutan Suara (PPS), dapat menjalankan tugas sesuai dengan amanah yang telah diberikan, harus bersikap netral, tanpa memihak pada salah satu calon dalam pemilihan gubernur (pilgub) provinsi kepri mendatang. ”Saya yakin, bapak/ibu yang sudah dilantik tadi, semuanya sudah berpengalaman dan bisa menempatkan diri sebagai petugas yang diamanah dalam penyelenggara pemilu mendatang  “.Pernyataan itu disampaikan Lis, usai melantik 54 petugas PPS Kelurahan Pilgub 2015, di Aula Bulang Linggi, Badan Perpustakaan, Arsip & Museum Kota Tanjungpinang, Senin (18/5) siang tadi.

Menurut Lis,  tugas dan tanggungjawab seorang penyelenggara pemilu (PPS) sangat tidak sebanding dengan honor yang diterima, artinya 80 % pekerjaan yang dilaksanakan para petugas merupakan kerjaan sosial, akan tetapi, para petugas harus tetap memberikan pelayanan dalam pelaksanaan pemilu, dan harus bisa melayani dengan baik semua partai, tanpa memihak pada salah satu partai.

Ditambahkan Lis, selama ini kendala yang selalu dihadapi adalah permasalahan keterlambatan undangan dan surat pemberitahuan pemilihan, jadi saya minta terus lakukan kerjasama yang jelas dan berkoordinasi dengan pendataan penduduk dan pihak kelurahan,  sehingga nantinya Lurah bisa menugaskan RT, supaya 2 hari sebelum sebelum hari H, sudah clear dan tidak ada masalah, dengan koordinasi dan kerjasama semua elemen dapat disampaikan kepada masyarakat, dan masyarakat pun bisa menggunakan hak suaranya.” Ujar Lis.

Lis yakin dan percaya bahwa PPS adalah orang-orang pilihan yang bisa menjalankan amanah dengan baik, dan permasalahan yang ada dapat diselesaikan, “ Semoga dalam melaksanakan tugas nantinya, mulai dari tahap awal persiapan hingga tahap akhir dapat berjalan dengan baik, lancar serta kondusif,” Pesan Lis

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, Robby Patria, usai mendampingi Walikota Tanjungpinang pada pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) itu, mengatakan para petugas yang dilantik tadi merupakan usulan dari setiap lurah se-kota tanjungpinang, orang-orang tersebut benar-benar orang yang berkompeten dan dipercaya publik, dan bisa menjadi penyelenggara pemilu yang baik.”Ucapnya.

Dalam menjalankan tugas nantinya, lanjut Robby, PPS itu selalu menjadi sorotan publik, PPS harus bisa menjaga sikap, harus bisa lebih netral, serta dapat dipercaya, sehingga diharapkan tanjungpinang dapat menjadi penyelenggara terbaik pada pilgub tahun ini.”Kata dia

Lebih lanjut, Robby mengatakan ada sekitar 203 ribu data penduduk di kepri, namun data tersebut akan diverivikasi sesuai dengan intruksi dari KPU Provinsi. Sebelum menjalankan tugas pada bulan Juni mendatang, petugas PPS akan diberikan bimbingan teknis tentang tata cara kerja . wewenang serta kewajiban yang harus diikuti, sehingga dalam pelaksanaan kerja nantinya dapat berjalan efektif dan menghasilkan kerja yang berkualitas”. Pungkasnya.

Acara itu turut dihadiri, Camat se-kota tanjungpinang, Lurah se-kota tanjungpinang, jajaran kepala SKPD dilingkup pemko tanjungpinang, serta Plt. Kepala Dinas Kependudukan & Capil, dr. Eka Hanasarianto, M.Kes.

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *