Jakarta – (BT)-Salah seorang pelaku begal motor di kawasan Kanal Banjir Timur (KBT), S (21), mengaku terpaksa melakukan aksi begal lantaran butuh uang untuk mengobati ibunya yang terkena stroke.

“Saya butuh uang untuk berobat ibu saya. Buat beli diapers juga karena ibu saya sudah tidak bisa bangun,” kata S di Polsek Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (11/5).

Pekerjaannya sebagai kernet metro mini jurusan Pulogadung-Pondok Kopi dianggap tidak memenuhi kebutuhannya. Dalam sehari ia hanya memperoleh uang Rp 50.000. Sedangkan tiap S melakukan aksi begal, ia bisa memperoleh uang hingga Rp 300.000.

“Biasanya beraksi dua kali seminggu,” tuturnya.

Selain S, pelaku begal lainnya yang berhasil ditangkap yakni W (25) dan O (21), yang merupakan residivis kasus pencurian pada tahun 2012, serta tiga orang lainnya yang saat ini masih dalam pengejaran petugas.

Kapolsek Duren Sawit, Kompol Johannes Kindangen, mengatakan, penangkapan pelaku berawal dari laporan warga Klender, Nurseha (42), yang menjadi korban pencurian pada 29 April lalu di Jalan Kolonel Sugiyono, Duren Sawit, Jakarta Timur.

“Kami pun langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap O pada 5 Mei yang saat itu tengah menjambret di sekitar Terminal Bayangan Pondok Kopi,” kata Johanes.

Berdasarkan keterangan dari O, selanjutnya polisi berhasil mengamankan W dan S di kontrakannya di Bor Cakung, Jakarta Timur, pada Minggu (10/5) lalu. Polisi juga menyita satu unit sepeda motor Yamaha Mio Vino B 3896 TXH, satu bilah kujang, dan satu bilah celurit yang digunakan untuk melakukan pencurian.

“Saat ini kami masih melakukan pengembangan untuk menangkap tiga pelaku lainnya. Mereka dijerat Pasal 365 tentang Pencurian dengan Kekerasan dan dikenai hukuman maksimal 15 tahun penjara.”

Sebelumnya, diketahui, tiga dari enam pelaku begal motor yang beraksi di Kanal Banjir Timur (KBT) berhasil dibekuk Polsek Duren Sawit. Mereka melakukan aksinya dengan memepet motor calon korban sambil mengancam dengan senjata tajam yang digunakan untuk menakut-nakuti.

Priska Sari Pratiwi/EPR BERITASATU.COM