Natuna Bird Club Rangkul Komunitas Pencinta Burung di Natuna

NATUNA – Puluhan pecinta burung di Ranai turut berpartisipasi dalam lomba burung berkicau di Taman Gasing, Bandarsyah, Sabtu (7/3/2015) pagi.

Kegiatan ini termasuk agenda untuk menstimulasi even pariwisata yang memang minim inovasi dari pemerintah, karena memang biasanya, kegiatan dilakukan pihak swasta.

Natuna Bird Club Rangkul Komunitas Pencinta Burung di Natuna

Di sela perlombaan burung berkicau ini, Ketua Panitia Lomba, Benhur Gultom penjurian dilakukan menggunakan sistem campuran dari beberapa komunitas pecinta burung berkicau di Natuna seperti PBI, Ronggolawe dan BnR.

“Kita mau merangkum semua komunitas yang ada di Natuna dalam satu wadah, yakni Natuna Bird Club (NBC), kedepan kegiatan ini akan kita tingkatkan dan jalankan secara rutin,” ujar Gultom.

Ada tujuh kelas lomba yang dipertandingkan yakni kelas Kenari Bebas, Kelas Murai Batu Campuran A, Kelas Murai Batu Campuran B, Kelas Cucak Hijau, Kelas Murai Batu Natuna, Kelas Love Bird dan Kelas Murai Batu Best of The Best.

“Banyak indikator penilaian, di masing-masing kelas itu beda-beda. Misalnya kelas Love Bird (pertandingan burung kenari), di sana kita akan menilai cicitan burung, atau suara khas yang dikeluarkannya seberapa lama dan seberapa sering,” ujarnya.

Menurut Gultom, bagi telinga orang biasa mungkin lomba kicau burung tidak akan terasa apa-apa selain kicauan burung yang ribut di telinga.

“Tapi bagi pecinta burung yang paham tentang kicauan dan perilaku burung, hobi ini sesuatu yang nikmat. Kicauan burung itu bisa dibedakan mana yang bagus dan tidaknya, ada kekhasannya yang bisa dirasakan para penggemar hobi ini,” sebutnya.

Sementara pada perlombaan siang itu, terlihat para pemilik burung berkicau ini mengeluarkan andalan masing-masing. Warna-warni burung yang dengan gaya dan cicitan khasnya menarik minat warga untuk turut menikmatinya.

Sumber: batam.tribunnews.com

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *