Waduk Busung Hasilkan 5.000 Liter Perdetik

19-12feb15 bintan waduk busung yang berdasarkan kajian bws sumatera iv

 

BINTAN -(bt) – Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV menghitung volume waduk Busung, Sri Koala Lobam bisa menghasilkan debit air mencapai 5.000 liter perdetik.

Kehadiran waduk ini bisa menjadi solusi krisis air bersih di Bintan dan Tanjungpinang.

“Saat ini Waduk Sei Gesek memiliki kapasitas 100 liter perdetik, Waduk Sungai Pulai berkapasitas 250 liter perdetik. Ada lagi waduk Kolong Enam, Waduk Kawal dan  Busung. Ini bisa memenuhi kebutuhan air bersih di Pulau Bintan, ” ungkap Kepala BWS Sumatera IV, Agus Rudianto, Rabu (11/2).

Menurutnya, tampungan air baku di Busung sangat besar. Jika waduk ini beroperasi bisa memberi konstrubusi terhadap volume air bersih terhadap Pulau Bintan.

Katanya, tahun 2016 mendatang sudah bisa dilakukan tahapan pengembangannya. Namun demikian, waduk terbesar di Pulau Bintan tersebut rencananya akan dikelola bersama dengan pihak swasta.

Akan tetapi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan masih menunggu kebijakan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri yakni Gubernur Kepri, HM Sani, terkait keputusan dalam pengelolaan Waduk Busung tersebut.

Wakil Bupati Bintan, Khazalik mengatakan, hingga sekarang Pemkab Bintan masih menunggu kebijakan Gubernur Kepri untuk pengelolaan waduk terbesar itu. Akan tetapi, lanjutnya lagi, apapun kebijakan pemprov nanti, Pemkab Bintan akan menyesuaikan.

“Dengan pembangunan beberapa waduk di Bintan, kita tetap berterima kasih kepada Pemprov Kepri. Ini juga akan mendukung pemenuhan air bersih untuk wilayah Bintan dan Tanjungpinang,” kata Khazalik usai peresmian Waduk Sei Gesek.

Namun demikian, Khazalik justru lebih meminta agar pembangunan Waduk Kawal yang berada di kawasan kebun kelapa sawit, Kecamatan Gunung Kijang, segera digesa pembangunannya. Hal ini melihat potensi industri pariwisata di sepanjang kawasan Pantai Trikora yang terus berkembang.(HK cw95)

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *