Pelabuhan Internasional Berakit Akan Dioperasikan

18
BINTAN (bt) – Bupati Bintan Ansar Ahmad tetap optimis, bahwa bulan Maret 2015 mendatang, pelabuhan terminal feri internasional di Tanjung Berakit, Kecamatan Teluk Sebong akan tetap dioperasikan. Pasalnya, beberapa investor telah mengajukan untuk mengelola pelabuhan terminal feri Internasional itu.

“Kalau gak, kapan lagi mau dioperasikan, investor-investor sudah menunggu,” ucap Ansar di Bintan, Jumat (9/1).

Ansar menyebutkan, beberapa fasilitas pelabuhan yang diperlukan seperti sistem navigasi untuk dialur kapal. Berdasarkan hasil rapat beberapa waktu lalu dengan pihak Syabandar Tanjung Uban, menyatakan tetap bisa menggunakan fasilitas sementara.

“Pada rapat waktu itu, untuk rambu-rambu kapal katanya bisa menggunakan yang sementara,” sebutnya. Namun demikian, bila memang fasilitas navigasi rambu-rambu kapal untuk dialur kapal memang belum memenuhi sehingga harus menunda beroperasinya pelabuhan internasional pada tahun ini.

Ansar menuturkan, akan dirapatkan lagi untuk membahas hal tersebut. Tetapi, Bupati yang memimpin Bintan selama 10 tahun itu menegaskan, bila fasilitas prioritas seperti sistem civq, scanner serta sistem navigasi sudah ada, untuk itu tidak ada penundaan lagi untuk dioperasikan tahun ini. “Kalau semuanya sudah oke, kenapa harus ditunda lagi untuk dioperasikan,” tegas Ansar.

Padahal menurut Ansar, beberapa fasilitas pendukung seperti perlengkapan alat kantor, kursi untuk para penumpang diruang tunggu sudah dianggarkan. Hanya saja, Ansar mengatakan, pihaknya harus memenuhi peralatan untuk pendeteksi dipelabuhan tersebut. “Semua sudah kita anggarkan banyak untuk itu, malah kita disuruh untuk menganggarkan alat detektor itu,” tuturnya.

Pembangunan fisik bangunan pelabuhan Internasional di Tanjung Berakit yang sudah menelan biaya sekitar Rp.40 miliar lebih itu, sudah dimanfaatkan dan diselesaikan guna pembangunan fasilitas seperti bangunan pelabuhan, ruang tunggu penumpang, kantor karantina, Beacukai, Imigrasi, dan Polisi. Bahkan anggaran tersebut sudah menyelesaikan pengerukan dan pendalaman alur kapal.

Sedangkan fasilitas pendukung lainnya yang sudah dianggarkan lagi untuk memenuhi kekurangan tersebut. Untuk itu, Ansar meminta, agar pada bulan Maret mendatang pelabuhan terminal feri Internasional sudah beroperasi.

Sumber : Haluan Kepri

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *