Syahrul : Wujudkan Mutu Pendidikan

18-26nov14 tpi hlll penyerahan piala dan penghargaan kepada murid dan guru berprestasi 4
TANJUNGPINANG (bt)- Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, memimpin langsung upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ke-69 di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Kilometer 4, Kota Tanjungpinang, Selasa (25/11).
Upacara itu mengangkat tema “Mewujudkan Revolusi Mental Melalui Penguatan Peran Startegi Guru,”

Pelaksanaan upacara yang berlangsung dengan hikmat tersebut, diawali dengan pembacaan sejarah pembentukan organisasi PGRI di Indonesia. Kemudian di tetapkanlah pada tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional dan Hut PGRI di seluruh Indonesia.

Syahrul dalam amanatnya mengatakan, bahwa dengan lahirnya PGRI, segala bentuk perpecahan kelompok guru, lingkungan pekerjaan baik di daerah maupun pusat menjadi satu dalam membangun kekuatan bersama dalam mewujudkan mutu pendidikan dan memperjuangkan profesi dan nasib guru serta tenaga pendidik yang ada di Nusantara ini.

“Wujud adanya PGRI ini dapat dijadikan sebagai salah satu organisasi profesi guru Indonesia yang menaungi dan berjuang bagi para guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dalam perkembangannya, PGRI telah membentuk pengurus Dewan Kehormatan Guru Indonesia (DKGI) di setiap provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia,” sambung Syahrul membacakan sambutan tertulis dari Ketua Umum Pengurus Besar PGRI pusat, Dr. H. Sulistiyo, M.Pd.

Sebagai organisasi profesi guru, lanjut Syahrul, PGRI telah memiliki instrumen penting sebagai bingkai mentalitas dan moralitas guru dalam bekerja yaitu dengan memiliki kode etik guru sebagai acuan untuk menuntun perilaku moral guru Indonesia ke arah yang lebih profesional, terlindungi serta bermartabat.

Dikesempatan ini, sebagai mantan Ketua PGRI Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, mengharapkan kepada seluruh guru di Kota Tanjungpinang, agar terus mengabdi bagi bangsa dan negara ini.

“Karena kita tahu, guru telah memberikan warna dalam dunia pendidikan, dan apa yang kita saksikan saat ini adalah hasil dari apa yang telah diberikan guru selama ini kepada anak bangsa dan dunia pendidikan,” ujarnya.

Sebagimana yang telah digariskan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sampai Presiden saat ini Joko Widodo, sebut Syahrul, ditekankan untuk memperbaiki akhlak budi pekerti bangsa ini. Oleh karena itu, ia menghimbau kepada seluruh guru-guru untuk terus mendidik dan mengajar.

“Dalam mengajar dan mendidik, tak hanya mengajar dan mendidik saja. Mendidik ini menghasilkan karakter bangsa, dan mengajar akan menghasilkan kepintaran, untuk itu keduanya harus dikolaborasikan serta disinergikan sehingga akan menghasilkan anak bangsa yang berkualitas,” imbau Syahrul kembali.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh guru di seluruh Indonesia, dan khususnya kepada guru di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepualauan Riau. “Selamat Hari Guru Nasional dan Hut Ke-69 PGRI, semoga guru selalu Jayam,” ucap Syahrul.

Usai pelaksanaan upacara, pengurus PGRI mengumumkan para pemenang lomba dan pemberian apresiasi prestasi pendidikan tahun 2014 sampena memeriahkan peringatan HGN dan Hut ke-69 PGRI di Kota Tanjungpinang.(yan)

sumber:haluankepri.com

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *