Walikota Buka Bimtek Pengklasifikasian dan Pengkatalogan Bahan Pustaka

Tanjungpinang_(bt)_Sebanyak 150 orang pengelola perpustakaan tingkat SD, SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi, Kecamatan, Kelurahan, Kepala Sekolah serta Lantamal IV mengikuti Bimbingan Teknis Pengklasifikasian dan Pengcatalogan Bahan Pustaka.

Bimtek tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, di Ballroom Hotel Sampurna, Tanjungpinang, Senin (27/10). Kegiatan yang di gelar Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang ini berlangsung selama enam hari, mulai tanggal 27 Oktober s.d 01 November 2014.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, dalam sambutannya mengatakan keperpustakaan dan kearsipan itu sangat penting, bagaimana kita mengelola perpustakaan, kearsipan, pengolahan bahan pustaka dan pengkatalogan, serta bagaimana penyajian bahan pustaka tersebut dengan baik.

Lanjut Walikota, dalam membangun perpustakaan bukan berarti mendirikan bangunan perpustakaan yang lengkap dengan isi dan segala fasilitasnya saja, namun pengelola perpustakaan harus bisa menarik minat baca para pelajar agar mau datang dan membaca ke perpustakaan. Disamping itu juga, harus dapat menyampaikan informasi yang bermanfaat kepada para pengunjung perpustakaan dan nantinya informasi tersebut dapat disampikan lagi kepada masyarakat umum.” ucapnya

Dikataknya lagi, dalam penyampaian informasi dapat dikemas melalui pemutaran film sejarah, dokumentasi, serta pembuatan buku maupun cerita berdasarkan pemikiran anak-anak. Untuk itu, kepada seluruh peserta, diharapkan setelah mengikuti bimtek ini agar dapat mengelola perpustakaan dengan baik dan benar, baik dari penklasifikasian dan pengkatalogan perpustakaan, sehingga pada gilirannya nanti minat baca dari para pelajar dapat meningkat secara signifikan.” Katanya

Hal senada disampaikan juga oleh Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Marzul Hendri, kegiatan ini dimaksud untuk meningkatkan pengetahuan kepada pengelolah perpustakaan sebelum memberikan pelayanan kepada pengunjung perpustakaan, sehingga peran pustakawan menjadi sangat strategis dalam menumbuhkembangkan minat dan gemar membaca kepada para pelajar dan masyarakat.

Untuk itu kepada para peserta diharapkan dapat mencerna materi yang disampaikan, dan memanfaatkan kegiatan ini sebagai ajang menambah bekal pengetahuan dan tukar pikiran dalam hal pengelolaan perpustakaan.” Tuturnya.***(hms pemko)

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *