Demo UMK 2015 Mulai Marak

Berita Tanjungpinang – BINTAN. Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dan Upah Minimum Kabupaten (UMK) untuk wilayah Bintan sedang dibahas. Dijadwalkan, pada Kamis (9/10) mendatang UMK dan KHL di wilayah Bintan sudah diketahui dan sudah bisa diumumkan. Hal itu ditegaskan Hasfarizal selaku Ketua Dewan Pengupahan Kabupaten (DPK) Bintan yang juga Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bintan saat menemui para buruh yang demo di depan Kantor Bupati Bintan, Kamis (2/10).

Demo UMK 2015 mulai marak. Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Bintan menggelar aksi damai di depan Kantor Bupati Bintan, Kamis (2/10).

Aksi damai para buruh dikawal ketat petugas keamanan dari Polres Bintan serta anggota Satpol PP Pemkab Bintan. Pada unjuk rasa di depan Kantor Bupati tersebut para buruh menuntut Pemerintah Kabupaten Bintan menaikkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Tahun 2015 sebesar 30 persen. Tidak hanya menuntut kenaikan UMK 2015 naik 30 persen, para buruh juga menolak kebijakan Pemerintah yang akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

”Kami minta pemerintah merevisi Peraturan Menteri (Permen) nomor 13 tahun 2012 dari 60 item menjadi 84 item. Sementara, untuk tunjangan masa pensiun buruh mestinya Benefit Jaminan Pensiun Buruh besarnya mesti 75 persen dari upah terakhir bekerja,” ucap Ketua Pengurus Cabang (PC) SPEE FSPMI Bintan, Parlindungan Sinurat dalam orasinya.

Usai orasi, Kadisnaker Bintan Hasfarizal Handra langsung menemui para buruh dan berjanji akan menyampaikan tuntutan para buruh ke Bupati Bintan. Hasfarizal yang merupakan Ketua Dewan Pengupahan Kabupaten Bintan menyambut baik aksi para buruh itu. Ia berjanji, pada 9 Oktober mendatang merupakan tahapan akhir pengumuman penentuan survei KHL dan penentuan UMK 2015 segera diumumkan.

”Insyaallah paling tidak, 9 Oktober sudah bisa kita umumkan hasil survei KHL dan UMK 2015,” ujar Hasfarizal Handra kepada buruh. (adi/Tanjungpinangpos)

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *