Dinas Disperindag Kota Tanjungpinang Mengadakan Promosi Produk UMKM 2014 Dengan Tema Membangun UMKM yang Tangguh

DSCN1462

 

TANJUNGPINANG -(BT)-Sektor UMKM memiliki peran yang sangat penting didalam roda perekonomian di Indonesia, sehingga sewaktu terjadinya krisis ekonomi sektor UMKM dapat bertahan dan eksis keberadaannya. Begitu juga sektor UMKM di Kota Tanjungpinang setiap tahun mengalami perkembangan selain disebabkan oleh ketahanannya juga di sebabkan semakin berkembangnya Kota Tanjungpinang sebagai Pusat Pemerintahan Ibu Kota Propinsi Kepulauan Riau.

Di sadari sektor UMKM masih memerlukan pembinaan yang terus menerus baik dari pemerintah ( Pelatihan Manajerial, Pemasaran dan Mutu Produk ) juga yang tidak kalah penting peran dari pihak perbankan atau lembaga lainnya ( BUMN dan BUMD ) dalam rangka memberikan akses permodalan untuk mengembangan usaha.

Menyadari hal tersebut diatas pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Tanjungpinang mengajak pihak perbankan/BUMN yang ada diKota Tanjungpinang untuk menyelenggarakan Promosi Produk UMKM yang akan diadakan pada tangal 10-14 Juni 2014 di Lapangan Pamedan A.yani Tanjungpinang dengan peserta UMKM binaan dari pihak perbankan/BUMN dan BUMD, dengan tema “membangun UMKM Tangguh”.Yang berdasarkan:

  1. Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif;
  2. Visi Kota Tanjungpinang, yaitu “ Terwujudnya Kota Tanjungpinang Sebagai Pusat Perdagangan dan jasa Industri, Pariwisata serta Pusat Budaya Melayu dalam lingkungan masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Bathin pada Tahun 2020 “ ; .Serta
  3. Mengajak pihak perbankan, BUMN dan BUMD untuk berpartisipasi dalam Penyelenggaraan Promosi Produk UMKM Kota Tanjungpinang
  4. Menyatukan para pihak yang saling terkait dalam hal pengembangan UMKM Kota Tanjungpinang
  5. Membangkitkan semangat Pelaku UMKM Kota Tanjungpinang agar menjadi lebih tangguh dan kreatif serta memiliki produk yang mempunyai nilai jual yang tinggi.
  6. Membantu mempromosikan produk Perbankan/BUMN/BUMD.Adapun Tujuan pada kegiatan tersebut adalah mempromosikan produk UMKM dan terjadinya transaksi bisnis UMKM/Perbankan/BUMN/BUMD.Dalam rangka Penyelenggaraan Promosi Produk UMKM Kota Tanjungpinang, pihak swasta/Perbankan di harapkan dapat berkomitmen untuk berpartisipasi dalam pagelaran promosi dengan mengikutsertakan UMKM binaan.Pihak swasta/perbankan bersama pihak UMKM binaan mengisi dan mendekorasi Stand yang panitia sediakan sesuai dengan kreasi masing-masing. UMKM binaan tersebut menampilkan produk unggulan yang akan di pamerkan serta di perjualbelikan langsung dalam acara pagelaran promosi produk UMKM. Selama dan sesudah kegiatan berlangsung diharapkan  terciptanya MOU antar Pihak Swasta /Perbankan/BUMD/BUMN dengan para pelaku usaha UMKM di Kota Tanjungpinang.Fasilitas yang diberikan:meja kursi,keamanan , 1 satu panggung,tenda,serta peralatan untuk promosi produk perbankan /BUMN/BUMD yang waktu promosinya ditentukan  lewat undian ,listrik dan lampu satu buah.
    Adapun agenda kegiatan dalam kegiatan Penyelenggaraan Promosi Produk UMKM Kota Tanjungpinang tahun 2014 ini adalah adalah menyelenggarakan promosi produk UMKM Kota Tanjungpinang,demo produk ukm.pentas seni dan budaya,pentas musik kreatif (Youth Talent) ,sajian kuliner,promosi produk perbankan serta seminar dan diskusi tanya jawab.Waktu dan pelaksanaan kegiatan Promosi Produk UMKM Kota Tanjungpinang ini:Tanggal    : 10 s/d  14 Juni 2014Pukul        : 10.00 s/d 22.00 WIBTempat    : Lapangan Pamedan A. Yani Tanjungpinang , Seminar UMKM

    Tanggal    : 11 Juni 2014

    Pukul        : 08.00 s/d 15.00 WIB

    Tempat    : menyesuaikan

    Dalam pelaksanaan kegiatan Pagelaran Promosi Produk UMKM tahun 2014, untuk tim kepanitian di lakukan oleh pihak penyelenggara, dalam hal ini dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Tanjungpinang.

    Untuk pelaksanaan kegiatan Seminar UMKM di datangkan Narasumber / Tenaga Ahli yaitu:Enterpreuner Muda dari Jakarta ( menyesuaikan ),Pihak Perbankan Lokal ( Menyesuaikan ).

    Peserta pada kegiatan Penyelenggaraan Promosi Produk UMKM Tahun 2014, Seminar UMKM adalah Seluruh pelaku ekonomi/pelaku usaha mikro kecil menengah dalam wilayah Kota Tanjungpinang yang bertumpu pada 14 ( empat belas ) Sub sektor usaha, antara lain : Fashion buatan lokal, Kerajinan, Pasar Seni dan Barang Antik, Kuliner serta beragam produk UMKM unggulan lainnya yang memuat kearifan lokal.

     

    Jumlah peserta yang mengikuti acara Penyelenggaran Promosi Produk UMKM tahun 2014  sebagai berikut :Pameran produk  40 stand , Kuliner    10 stand . Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan :Mengeliatnya kembali roda perdagangan di Kota Tanjungpinang Khususnya pada sektor usaha mikro kecil menengah,Tercipta nya MOU antara pihak swasta dengan pelaku UMKM di Kota Tanjungpinang.Terciptanya  Harmonisasi antara Pemerintah, Swasta dan Pelaku usaha.(cakmat)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *