Ansar Jadi Pembicara International Workshop

19-20 mei 2014 bupati jadi pembicara

BINTAN  – Bupati Bintan, Ansar Ahmad menjadi pembicara international workshop pada kegiatan Indonesia-Afrika and Middle East Technical Coorporation Program on Good Governance, di Gedung Nusantara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) jalan Taman Pejambon Jakarta Pusat, Senin, (19/5).

Acara ini dibuka oleh Wakil Menteri Luar Negeri Wardana yang dihadiri perwakilan pejabat maupun kepala daerah dari beberapa negara Afrika dan negara Timur Tengah yakni Liberia, Egypt, Yemen, Iraq, Tunisia, Gambia, Medagaskar, Sudan dan Mozambique.

Kabupaten Bintan dipilih oleh Kemenlu sebagai daerah yang berprestasi dan berhasil dalam menerapkan sisitim pelayanan, pemerintahan yang baik, penelolaan sumber daya alam, keberhasilan pembangunan dan lainnya.

Selain Bintan, ada tiga kota dan kabupaten se-Indonesia yang dipilih oleh Kemenlu yang dianngap berprestasi, yaitu Kabupaten Banjar, Walikota Bandung dan Kabupaten Bojonegoro. Jadi, hanya empat kota dan kabupaten se-Indonesia yang dipilih sebagai daerah berperestasi oleh Kemenlu RI.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Kabupaten Bintan Mradhiah yang ikut serta mendampingi Bupati Bintan pada kegiatan tersebut kemarin mengatakan, bahwa dipilihnya Kabupaten Bintan oleh Kemenlu, karena daerah tersebut dianggap berprestasi.

Workshop tersebut juga sebagai sharing dengan negara partisipasi yang ikut dalam berbagi informasi dengan pemerintah yang dianggap berhasil, bagaimana pelaksanaan pelayanan dan lainnya.

“Bupati menyampaikan pada peserta dari negara Afrika dan Timur Tengah tentang potensi, penerapan dan kelebihan Free Trade Zone (FTZ) atau kawasan perdagangan bebas. Bupati menyampaikan tentang penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan potensi peluang investasi di KabupatenBintan. Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dengan konsep “Mudah, Murah, Cepat dan Bebas Korupsi yang ber motto-kan “Kepuasan Anda adalah Keutamaan Kami,” kata Mardhiah.

Selain itu lanjut dia, Bupati juga menyampaikan tentang berbagai potensi keluatan dan pulau– pulau kecil yang dimiliki dengan program Eco Tourism Area, dan mengikutsertakan masyarakat ( local people) dalam pengembangan sumber daya yang ada di daerah tersebut.

Hal ini juga dilakukan dengan mengikutsertakan PNPM Pedesaan dengan berbagai program daerah.
Selanjutnya beliau menyampaikan tentang beberapa program antara lain peningkatan kualitas sumber daya manusia yang cerdas sehat dan berdaya saing serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam keberhasilan tersebut, Bupati telah mendapatkan penghargaan di tahun 2008 dan tahun 2010, seperti dalam pengambangan Al Qur’an dan sebagainya.

Peserta yang hadir juga ada yang menanyakan dari India dan Madagaskar kepada Bupati, seperti bagaimana caranya merangkul masyarakat dalam mengembangkan daerah. Bupati menjawab yaitu ada program PNPM yang bisa merangkul masyarakat setempat, sehingga ada yang dihasilkan. Selain potensi pariwisata dan pulau terluar, Bupati juga menyampaikan bahwa di Bintan suasananya kondusif dan termasuk dengan peran positif dari media yang mendukung pembangunan di Kabupaten Bintan,” ungkap Mardiah.

Mardhiah juga menyebutkan, disamping itu, Bupati menyampaikan program pembangunan daerah yang berbasis pada pengembangan sumber daya kelautan dan perikanan. Pengembangan potensi pariwisata dan agribisnis, Program penyelenggaraan Tata Pemerintahan yang baik (good governance), demokratis dan bertanggungjawab didukung dengan kepastian hukum dan penegakan HAM.

Peningkatan kualitas dan kuantitas prasarana dan sarana yang menunjang perkembangan seluruh wilayah Kabupaten Bintan. Pemberdayaan masyarakat dengan mengedapankan kearifan lokal dan pengaruskeutamaan gender. Mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasanlingkungan.
“Terkait dengan program–program tersebut Pemerintah Kabupaten Bintan telah mendapatkan berbagai penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau maupun Kementerian,” katanya. (HK ,eza)

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *