Wawako Tanjungpinang Minta Guru Jadi Teladan

 

Pengajian Bulanan Pelajar
Pengajian Bulanan Pelajar

TANJUNGPINANG (BT)- Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang bekerja sama dengan Pengurus Masjid Agung Al Hikmah menggelar pengajian bulanan pelajar SMP dan SMA se-Kota Tanjungpinang, Minggu (9/2).
Saat membuka pengajian, Wakil Walikota Tanjungpinang Syahrul mengatakan, remaja masjid di Tanjungpinang telah lahir sejak 1983. Pada masa itu kegiatan remaja Masjid Raya Al Hikmah merangkum seluruh siswa-siswi dan guru agama. Kegiatan keagamaan itu masih eksis hingga saat ini.

Pembinaan akhlak, kata Wawako, tak hanya dibebankan pada guru agama, melainkan tugas semua pihak sebagai khafilah. Tugas guru bukan hanya memtransfer ilmu pengetahuan, namun harus dapat memberikan contoh teladan dan melakukan pendekatan secara bathin kepada murid.

“Jangan jadikan anak murid takut pada guru tetapi jadilah guru yang disegani muridnya. Pembinaan akhlak juga perlu dukungan dan peran serta orangtua, keluarga dan masyarakat,” katanya.

Syahrul mengajak semua pihak untuk mendukung dan bersinergi sehingga masjid-masjid di Kota Tanjungpinang kembali dipenuhi remaja. Hasilnya, generasi muda yang beragama dan berakhlak mulia serta dapat memberikan pondasi dan akidah yang kuat sehingga tercipta masyarakat madani.

“Bila pemuda baik, maka baiklah negeri ini. Menjadi  pemuda sukses harus dibekali ilmu pengetahuan, iman dan akhlak mulia. Kemuliaan adalah akhlakul karimah. Kemiskinan sebenarnya adalah rusaknya akal. Seorang remaja yang berakhlak dan berilmu adalah remaja yang dapat menerima nasehat. Jika ini ada di diri anak-anak semua, Insya Allah akan mendapat berkah dan petunjuk dari Allah SWT,” kata Wawako berpesan.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Masjid Agung Al Hikmah Abdul Razak menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Wakil Walikota Tanjungpinang dan Kepala Dinas Pendidikan sehingga kegiatan pengajian dapat terlaksana.

Ia juga berharap kepada  remaja masjid serta pengurus BKMT agar saling bekerjasama dalam kegiatan pengajian dan pembinaan pelajar SMP dan SMA tersebut. “Kegiatan pengajian akan dilaksanakan satu bulan sekali bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang beriman dan berakhlak mulia,” ungkapnya.

Selain pengajian, kegiatan ini diisi dengan pelantikan pengurus remaja masjid dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Masa Bakti 2013-2015. Acara dihadiri oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kepala Kantor Kemenag, camat, lurah, kepala sekolah serta guru serta siswa-siswi SMP/SMA se-Kota Tanjungpinang. (yan HK)

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *