Jalan Lingkar Tanjungpinang-Bintan

Jalan Lingkar Tanjungpinang-Bintan
Jalan Lingkar Tanjungpinang-Bintan

TANJUNGPINANG (BT) – Gubernur Kepri Muhammad Sani akan mengundang Bupati Bintan Ansar Ahmad dan Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah untuk membahas rencana pembangunan Jalan Lingkar Tanjungpinang-Bintan pada 10 Februari mendatang.
Gubernur mengatakan, rencana besar itu sudah saatnya dibicarakan untuk melakukan pembagian tugas pengerjaan pembangunan jalan lingkar. Sementara Detailed Engineering Design (DED) jalan lingkar tersebut disebutkan telah selesai dikerjakan.

Beberapa topik penting yang akan dibicarakan, kata Sani, diantaranya mengenai pembebasan lahan dan tugas masing-masing pemerintah daerah. Selain Pemprov Kepri, Pemko Tanjungpinang dan Pemkab Bintan, pembangunan jalan lingkar akan melibatkan pemerintah pusat dan pihak swasta.

“Kita akan duduk bersama, nanti baru kita bagi-bagi tugas. Pemkab Bintan mengerjakan apa, Pemko Tanjungpinang mengerjakan apa, kita dari Pemprov mengerjakan apa, dibahas saat rapat tanggal 10 Februari nanti,” katanya di Tanjungpinang, Kamis (30/1) malam.

Sani menambahkan, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen-PU) akan diminta untuk membantu membangun jalan lingkar. Sebab biaya pembangunan tidak sedikit dan membutuhkan waktu lama.

“Jalan lingkar akan menghubungkan Pulau Dompak, Tanjungpinang hingga Bintan. Jembatan maupun jalan baru akan dibangun di atas laut. Inilah yang membuat biaya pembangunan jalan lingkar sangat mahal. Saat ini belum diketahui berapa besar biayanya,” bebernya.

Pembangunan Jembatan I Dompak, lanjut Sani, merupakan bagian dari Jalan Lingkar. Selanjutnya akan dilakukan reklamasi pantai mulai dari Teluk Keriting sampai di depan Gedung Daerah Kepri dan pelabuhan.

“Jalan lingkar ini, saya yakin dan optimis bisa membantu mengatasi kemacetan di Tanjungpinang dan dapat membuka kawasan baru hingga Jalan Lintas Barat yang akan menghubungkan Tanjungpinang dengan Bintan. Dengan demikian akan berdampak pada pengembangan daerah ekonomi baru,” beber Sani.

Jalan Lintas Barat di Bintan saat ini sudah rampung dibangun. Pembangunan Jalan Lintas Barat dan jalan lingkar dimaksudkan untuk memperpendek jarak perjalanan dari Tanjungpinang ke Tanjunguban.

Sebelumnya Bupati Bintan Ansar Ahmad mengatakan bahwa pada awal tahun 2014, Jalan Lintas Barat dari KM 16 Toapaya ke Tanjunguban sudah lancar. Hanya, pengaspalan badan jalan masih satu lapis. Ia mengharapkan dukungan dana dan kebijakan Pemprov Kepri agar pembangunan lanjutan jalan nasional itu dapat dilaksanakan tahun ini. (sut,hk)

 

 
Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *