Gubernur Terima Penghargaan Parahita Ekapraya Utama 2013

President RI Soesilo Bambang Yudhoyono didampingi istri dan Wakil Presiden Boediono didampingi istri menyerahkan penghargaan Parahita Ekapraya Utama tahun 2013 kepada Gubernur Kepri Drs. H. Muhammad Sani di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia, Jakarta, Rabu (18/12/2013) Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Drs. H. Muhammad Sani menerima penghargaan Parahita Ekapraya Utama langsung dari Presiden Republik Indonesia Soesilo Bambang Yudhoyono, Rabu (18/12/2013) di Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia, Jakarta dalam Acara Puncak Peringatan Hari Ibu ke-85 tahun 2013 yang bertemakan Peran Perempuan dan Laki-laki dalam mewujudkan demokrasi yang partisipatif dan pembangunan yang
President RI Soesilo Bambang Yudhoyono didampingi istri dan Wakil Presiden Boediono didampingi istri menyerahkan penghargaan Parahita Ekapraya Utama tahun 2013 kepada Gubernur Kepri Drs. H. Muhammad Sani di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia, Jakarta, Rabu (18/12/2013)

TANJUNGPINANG-(BT)-Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Drs. H. Muhammad Sani menerima penghargaan Parahita Ekapraya Utama langsung dari Presiden Republik Indonesia Soesilo Bambang Yudhoyono, Rabu (18/12/2013) di Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia, Jakarta dalam Acara Puncak Peringatan Hari Ibu ke-85 tahun 2013 yang bertemakan Peran Perempuan dan Laki-laki dalam mewujudkan demokrasi yang partisipatif dan pembangunan yang inklusif.

Presiden pada kesempatan ini didampingi istrinya Hj. Ani Yudhoyono yang juga menerima penghargaan sebagai wanita Indonesia yang Cerdas, Bijaksana dan Tegas pada kesempatan ini. Hadir juga  Wakil Presiden Boediono beserta istri, duta besar negara sahabat, pimpinan organisasi internasional dan sejumlah tokoh perempuan nasional.

Selain Gubernur Kepri, Gubernur lain yang menerima penghargaan yang sama adalah Gubernur Jawa Timur, DIY, Lampung, DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Adapun Penghargaan Parahita  Ekapraya tingkat Madya diberikan kepađa Gubernur Sumut, Sumbar, Jambi, Jabar, Bali, Sulbar, Kaltim dan Sulses. Dan untuk tingkat Pratama diberikan kepada Bengkulu, Kalbar, Kalteng dan Sumsel.

Selain untuk tingkat Provinsi, Penghargaan serupa juga diberikan untuk tingkat Kementerian dam Lembaga serta kepada Kabupaten dan Kota.

Untuk tingkat Kabupaten dan Kota sendiri hanya kategori Utama yang diberikan, dan yang menerima adalah Kabupaten Rembang, Kota Magelang, Kabupaten Gunung Kidul, Kota Surabaya, Kabupaten Badung dan Kabupaten Wamasoka.

Sebagaimana diketahui bahwasanya Penghargaan Parahita Ekapraya diberikan kepada kelompok atau perorangan, khususnya yang memiliki komitmen dan berjasa besar dalam memajukan kaum perempuan dan anak dilingkungannya masing-masing hingga bisa berperan dan berbuat banyak untuk masyarakat, atau sejajar dengan kaum laki-laki.

Bersama Gubernur pada kesempatan ini, ketua PKK Kepri Hj. Aisyah Sani, Walikota Tanjungpinang, Walikota Batam, Bupati Bintan dan beberapa kepala SKPD.

Dalam ambutannya, Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono mengucapkan selamat dan terimakasih sedalam-dalamnya kepada Pemimpin daerah atau perorangan yang telah berkomitmen dalam memajukan pemberdayaan kaum perempuan di Indonesia serta agar meningkatkan terus prestasi yang sudah di capai dan melakukan hal-hal yang belum terlaksana pada tahun ini.

“Inilah hakekat pembangunan, apa yang sudah kita raih dengan baik saat ini harus kita tingkatkan terus dimasa yang akan datang. Dan yang belum tercapai harus kita perjuangkan,” kata SBY.

SBY juga mengaku bangga karena para wanita didaerah-daerah saat ini sudah lebih aktif dan memiliki andil yang besar dalam mewujudkan pembangunan.

“Wanita harus ambil bagian dalam hal apa saja, baik politik, sosial, ekonomi dan sebagainya. Saya juga berharap President yang akan datang juga memiliki komitment yang kuat dalam memberdayakan pêrempuan-perempuan Indonesia,” katanya.

Pemerintah Provinsi Kepri sendiri terima penghargaan APE (Anugerah Parahita Ekapraya) sudah 6 kali selama 6 tahun berturut-turut. Mulai tahun  2008 sampai dengan  tahun 2013.

Untuk APE tingkat Utama sebanyak 3 klai, termasuk yang baru saja diterima Gubẻrnu. Tingkat Madya sebanyak 2 Kali dan tingkat Pratama  1 kali.

Penghargaan APE diberikan kepada kepala daerah yg memiki perhatian yg besar terhadap permasalahan perempuan dan anak, dan Gubernur Kepri Drs. H. Muhammad Sani dinilai telah melakukan itu. (Humas)

 

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *