Bintan Siap Berangkatkan 77 Calon Haji

Rapat Persiapan Haji kemenag Bintan, Jumat 23 Agustus 2013. (oleh Jendaras Karloan)
Rapat Persiapan Haji kemenag Bintan, Jumat 23 Agustus 2013. (oleh Jendaras Karloan)

BINTAN (BT) – Sebanyak 77 Calon Jamaah Haji Kabupaten Bintan sudah siap untuk diberangkatkan ke tanah suci Mekah pada musim haji tahun 2013. Calon Jamaah Haji Bintan ini akan diberangkatkan pada tanggal 10 September mendatang.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakanmenag) Bintan Erizal Abdulllah  mengatakan, untuk keberangkatan calon jamaah haji di Bintan juga sudah siap. Baik itu dari administrasi, paspor dan kesehatan para jamaah haji yang akan berangkat ini.
“Untuk menasik Haji bersama seluruh JCH Bintan akan dilakukan pada 2 September ini. Sementara untuk jadwal keberangkatan pada tanggal 10 September,” kata Kanmenag Bintan.
Dia juga menjelaskan jikalau tidak ada pemotongan 20 persen kuota jamaah haji  maka berjumlah sebanyak 96  jamaah. Selain itu para calon jamaah Haji  pada saat keberangkatan harus dalam kondisi sehat
“Semoga ketika jelang keberangkatan para jamaah haji Bintan  berjalan lancar. Untuk itu para jamaah haji harus siap baik kesehatan dan persiapan lainya,” paparnya.
Kemudian itu dia juga menghimbau kepada jamaah haji yang seharusnya berangkat tahun ini malah tidak di berangkatkan tahun ini. Harus bersabar, sebab tahun depan mereka akan di utamakan untuk berangkat menjadi calon jamaah haji.

“Kondisi Masjid Haram tidak memungkinkan saat ini sebab masih ada renovasi yang belum selesai. Kita terpaksa mengurangi kuota jumlah JCH sebanyak 17 orang dari jumlah JCH sebanyak 96 orang,”  kata Kepala Kanmenang Bintan.

Untuk meyakinkan kepada JCH Bintan, Kanmenang Bintan sudah memberikan petunjukan dan memperlihatkan gambat-gambar kondisi terakhir Masjid Haram. Pihaknya melalui Kantor Urusan Agama (KUA) mendatangi langsung ke rumah jamaah yang bersangkutan.

“Kita sudah menginformasukan tentang penundaan JCH itu, seluruh KUA di Bintan kita suruh untuk mendatangi rumah jamaah yang ditunda keberangkatanya ke tanah suci Mekkah. Dan menunjukan kondisi terakhir Masjid Haram yang dalam tahap renovasi,” ujar Erizal.

Calon Jamaah Haji yang ditunda keberangkatanya tersebut merupakan jamaah yang sudah melunasi dan sudah masuk dalam posisi keberangkatan tahun ini.

“Walau mereka (Jamaah Haji, Red) sudah melunasi pembayaranya kita terpaksa menunda keberangkatan mereka sebagian, karena kondisi disana tidak memungkikan,” ungkap Erizil.

Erizal memperkirakan kondisi cuaca di Mekkah dan sekitarnya pada saat haji nanti  diperkirakan nanti panas. Untuk itu lanjut Erizal jamaah Haji asal Bintan harus siap menghadapi kondisi disana. (Jendaras)
Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *