Gubernur : Pembangunan Harus di Nikmati Masyarakat

Gubernur Kepri  Meresmikan Bandara Letung
Gubernur Kepri Meresmikan Bandara Letung

TANJUNGPINANG -( BT ) -Gubernur Kepri Drs.H Muhammad Sani memerintahkan agar realisasi penyerapan anggaran tidak hanya puas pada realisasi keuangan  dan fisik. Akan tetapi juga harus memberi azas manfaat bagi masyarakat. Outcome dari percepatan penyerapan anggaran di Kepri harus dinikmati masyarakat dan ikut membantu menggerakkan pertumbuhan ekonomi.

Hal ini disampaikan Gubernur Sani usai pembukaan Rapat Kerja Evaluasi Realisasi Belanja KLN dan Daerah semester I tahun 2013 oleh Wakil Presiden Prof Boediono di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (26/8/2013). Raker ini mengambil tema Menyeimbangkan Percepatan dan Kualitas Realisasi Belanja.

 

Kepri sendiri, untuk realisasi anggaran, dari target yang ditetapkan 30 persen, tercapai 40,43 persen. Sedangkan untuk realisasi fisik, dari target yang ditetapkan pemerintah sebesar 50 persen tercapai 53,83 persen. Sementara untuk lelang, sudah 92,27 persen selesai.

 

Tampak hadir dalam raker tersebut Ketua UKP4 Kuntoro Mangkusubroto, Wakil Menteri Keuangan Ani Ratnawati, Kepala BPK Hadi Purnomo, sejumlah Gubernur dan Wakil Gubernur. Sementara dari Kepri hadir Kepala Bappeda Naharuddin dan Kepala Biro Pembangunan Sardison.

 

Kamis (22/8) lalu, saat memimpin Raker bersama Bupati Walikota di Gedung Daerah Tanjungpinang, Gubernur Sani pun menekankan tentang pentingnya percepatan anggaran yang langsung memberi manfaat bagi masyarakat.

 

Kuntoro Mangkusubroto yang juga Ketua Tim Evaluasi Percepatan Penyerapan Anggaran (TEPPA) menyebutkan ada 86 Kementerian Lembaga dan Non Lembaga serta 33 provinsi yang dievaluasi sehingga terjaga akuntabilitas. Untuk penetapan APBD 2014 juga akan dipantau prosesnya.”Karena kalau perencanaan tidak optimal, banyak yang selesai tidak tepat waktu,” kata Kuntoro.

 

Kuntoro pun menekankan pentingnya proses lelang berlangsung dengan cepat. Karena semakin cepat dilaksanakan, semakin cepat pembangunan. “Belanja pemerintah menjadi salah satu  pendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Kuntoro.

 

Kuntoro juga mengingatkan agar semua pihak mengevaluasi progres pengadaan dan jasa kontrak. dia juga berharap koordinasi terus dilakukan demi menghindar penumpukan realisasi belanja. Gubernur sendiri untuk memastikan semua berjalan sesuai perencanan terus memonitoring realisasi kegiatan SKPD setiap bulan.

 

Dalam kesempatan itu, Wapres Boediono menekankan kepad semua pihak agar menggunakan alokasi anggaran dengan seefisien mungkin baik penyerapan, maupun mutu. Untuk daerah, pemanfaatan APBD 2013 harus dioptimalkan. Wapres minta kepada Gubernur agar kabupaten kota didorong lebih efektif, efisien baik volume maupun kualitas. “Gerakkan percepatan proyek infrastruktur yang sangat penting untuk percepatan ekonomi. Semua harus dikerahkan secepatnya,” kata Wapres. (hMS,MAT )

 

 

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *