Gubernur Serahkan Remisi

Gubernur Kepri  salaman dengan warga binaan yang mendapatkan remisi
Gubernur Kepri salaman dengan warga binaan yang mendapatkan remisi

TANJUNGPINANG -( BT )- Gubernur Kepri Drs. H.Muhammad Sani memimpin upacara pemberian remisi menyambut HUT Ke-68 Kemerdekaan RI di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) kelas-IIa Tanjungpinang, Sabtu (17/8/2013). Gubernur atas nama Menteri Hukum dan HAM membacakan surat keputusan terkait pemberian remisi (pengurangan masa tahan) maupun remisi bebas, yang disaksikan Wakil Gubernur Kepri Dr. Soerya Respationo,SH MH, Kapolda, Danrem dan sejumlah pinpinan Forum SKPD di daerah ini.

Dalam pidatonya, Muhammad Sani meminta kepada setiap tahanan yang mendapat remisi maupun yang tidak mendapatkan remisi untuk belajar dari kesalahan yang pernah dilakukannya. “Saya selalu mengatakan bahwa orang yang baik bukan orang yang tidak pernah berbuat kesalahan. Orang yang baik itu adalah orang yang mau merubah kesalahan.Tidak ada yang bisa merubah diri kita selain kita sendiri,” kata Gubernur.

Oleh karena itu, sambungnya, warga binaan ini agar terus instropeksi sekaligus bersabar dengan berbuat kebajikan dilembaga pemasyarakatan ini. Nilai-nilai yang dipelajari didalam lembaga pemasyarakatan ini, diharapkan menjadi bekal dikemudian hari saat mendapat pembebasan.

Kepada warga binaan yang mendapat remisi bebas, Muhammad Sani meminta agar kembali berkarya kepada masyarakat. “Setelah melewati pembinaan ini, maka tugas selanjutnya saat kembali ke masyarakatan, kembalilah kemasyarakat dengan baik lewat karya dan kerja. Sehingga masyarakat dapat kembali menerima,” pintanya.

Usai memimpin upacara, Gubernur dan Wakil Gubernur bersama sejumlah pejabat menyaksikan pameran hasil karya dan buah tangan para napi selama berada dalam Lapas maupun rutan tersebut.

Buah karya yang dihasilkan para napi yang dipamerkan itu berupa lukisan foto-foto perjuangan serta pembuatan pot bunga dengan bahan baku dari limba serbuk kayu dan plastik serta  lemari dari bahan baku gardus dan sebagainya.

Dalam rangka memperingat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-68 Kementerian Hukum dan HAM RI memberikan remisi umum kepada 1.250 orang narapidana dan anak didik Pemasyarakatan dari 2.289 orang narapidana dan anak didik Pemasyarakatan yang tersebar di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahan Negara (Rutan) se-Kepri

Adapun Rincian narapidana dan anak didik Pemasyarakatan yang mendapatkan Remisi meliputi Lapas Klas IIA Tanjungpinang 266 orang, Lapas Klas IIA Batam 656 orang, Lapas Narkotika Klas IIA Tanjungpinang 18 orang, Rutan Klas I Tanjungpinang 57 orang, Rutan Klas IIA Batam 120 orang dan Rutan Klas IIB Tanjung Balai Karimun 121 orang. (hms,mat )

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *