Afsel Serius Lirik Investasi di Kepri

Duta besar negara Afrika  Selatan  DR Noel  N Lehoko menerima cendramata  dari Kepala Badan  Penanaman Modal  Daerah  Jon Arizal
Duta Besar Negara Afrika Selatan DR Noel N Lehoko menerima Cendramata dari Kepala Badan Penanaman Modal Daerah, Jon Arizal

TANJUNGPINANG ( BT ) – Duta Besar Negara Afrika Selatan Dr Noel N Lehoko melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (12/7/2013). Kunjungan dubes asal benua Afrika tersebut diterima langsung Kepala Badan Promosi dan Investasi Daerah (BPMD) Jon Arizal mewakili Gubernur Kepri dilantai 7 Gedung Graha Kepri Batam Centre.

Kunjungan Dubes Afrika Selatan sendiri dimaksudkan untuk menindaklanjuti kunjungan 10 Gubernur Afrika Selatan beberapa waktu lalu. Kepala BPMD Jon Arizal mengatakan bahwa beberapa pengusaha asal Afsel tertarik menanamkan investasinya di Kepri. “Beberapa pengusaha Afsel itu bergerak dibidang pariwisata dan perdagangan,” kata Jon.

Namun, realisasi dari rencana tersebut menunggu tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understandig (MoU) antara kedua belah pihak. “Kemungkinan pada bulan September mendatang MoU tersebut sudah bisa direalisasikan,” papar Pria yang juga menjabat sebagai sekretaris Dewan Kawasan.

Untuk mempercepat kesepakatan tersebut, Pemprov Kepri telah membuat tim kecil yang diketuai Asisten Ekonomi dan Pembangunan Robert Iwan Loriaux guna bisa merealisasikan peluang kerjasama dan investasi antara negara Afrika Selatan dan Batam Provinsi Kepulauan Riau. Selain tertarik bekerjasama dibidang perdagangan dan pariwisata, Afsel juga ingin melihat secara dekat potensi Kepri yang dinilainya tidak saja tepat dijadikan mitra kerja sama disektor perdagangan dan pariwisata, tapi juga sektor-sektor lain.

Beberapa sektor yang dilirik Afsel antara lain sektor pertanian, pelatihan diklat dan lain sebagainya. “Semua peluang itu, bisa ditandaklanjuti setelah nantinya MoU kedua belah pihak bisa segera direaliasikan. Dan kita berharap, mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama lagi sudah bisa berjalan,” tutupnya.

Sebelumnya, pada 13 Maret 2013 lalu, sepuluh provinsi di negara Afsel melakukan kunjungan kerja ke Kepri. Saat itu, Gubernur Kepri Drs. H. Muhammad Sani dan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Batam. (hms ,mat )

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *