TNI dan Gubernur Kunjungi Pulau Nipah Panglima

Gubernur  Kepri  , Muhammad  Sani dan  Panglima  TNI  Agus  Suhartono berkunjung kepulau  Nipah
Gubernur Kepri , Muhammad Sani dan Panglima TNI Agus Suhartono berkunjung kepulau Nipah

TANJUNGPINANG ( BT )Gubernur Kepri Drs. H. Muhammad Sani bersama Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono meninjau Pulau Nipah, Sabtu (6/7/2013). Dalam kunjungan kepulau yang berbatasan langsung dengan Singapura ini, Panglima meresmikan barak bagi personil TNI yang berjaga di pulau tersebut.

 

Menurut Panglima, keberadaan Pulau Nipah memiliki peran yang sangat strategis bagi kedaulatan Indonesia. Untuk itu, Panglima meminta agar para personel TNI yang bertugas di Pulau tersebut untuk menjaga pulau tersebut sebaik mungkin.

Pemerintah, sambung Agus, akan memperhatikan kesejahteraan para prajurit yang bertugas di Pulau tersebut. “Di pulau ini kami telah membangun barak dan mes untuk satu pleton TNI. Kami juga mempersiapkan satu unit kapal cepat KAL-II-4-57 Nipa atau KAL-28 untuk menjaga kedaulatan NKRI di perairan Kepri ini,” kata Panglima.

Untuk pembangunan barak, telah dimulai di awal tahun ini dengan waktu penyelesaian 5,5 bulan. Barak ini sendiri terdiri dari dua lantai dan mampu menampung 60 tempat tidur dan dilengkapi kamar mandi.

Sedangkan air bersihnya, dapat menggunakan air bersih dari kapal cepat KAL-28 yang mampu menampung air bersih 50 ton. Jumlah ini diperkirakan dapat menampung seluruh kebutuhan personil TNI yang bertugas disana. Untuk logistik, pasokan akan diambil dari pulau sekitar seperti Sambu, Belakangpadang dan Batam.

Untuk pertahanan keamanan, kapal cepat KAL-28 Nipah memiliki senjata kaliber 12,7. Sedangkan kecepatan kapal mampu mencapai 24 knot. Adapun personel keamanan, terdiri dari 60 personel TNI-AL dan 30 personel TNI-AD dari kesatuan infantri. “Total ada 90 personil yang akan menjaga pulau ini,” papar Agus.

Sedangkan untuk pengembangan pulau Nipah, Panglima masih menunggu keputusan untuk menjadikan Nipah sebagai kawasan ekonomi baru.

sementara itu, Gubernur Kepri Drs. H. Muhammad Sani mengatakan bahwa Pemprov Kepri akan ikut memperhatikan Pulau tersebut. “Koordinasi dengan pemerintah pusat dan Pemko Batam terus kami lakukan,” kata Gubernur.

Sehingga, kedepannya ia berharap pulau tersebut dapat dikembangkan untuk kepentingan pertahanan sekaligus ekonomi. (HMS, MAT) )

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *