KBN Kenalkan Budaya Bintan Ke Nasional

Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Haryono Umar membuka simbolis Kemah Budaya Nasional 2013 di Bintan. (Foto: Jendaras)
Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Haryono Umar membuka simbolis Kemah Budaya Nasional 2013 di Bintan. (Foto: Jendaras)

BINTAN (BT) – Kemah Budaya Nasional (KBN) diharapkan mampu memperkenalkan Budaya Bintan kepada masyarakat Indonesia, khususnya para perserta pramuka.

KBN Tahun 2013 yang digelar dari tanggal 26 hingga 30 Juni di arena MTQ Provinsi Kepri Teluk Bakau, kecamatan Gunung Kijang, Bintan diikuti sebanyak 700 peserta putra-putri Pramuka Penggalang dari 33 Provinsi. Acara yang dibuka oleh Irjen Kemendiknas RI Haryono Umar, Kamis (27/6)

Bupati Bintan Ansar Ahmad yang juga sebagai Ketua Majelis Pembina Cabang (Kamapmicab) Pramuka Bintan mengatakan bahwa KBN diharapkan mampu menunjukkan dan mempelajari kebudayaan lokal kepada peserta pramuka yang ada, karena Bintan banyak memiliki budaya mulai dari sejarah hingga pariwisata internasional, dimana potensi tersebut mampu mendatangkan turis asing dari mancanegara terbesar setelah Jakarta dan Bali.

“Dengan semangat KBN ini diharapkan bisa menjadi ajang memasarkan pariwisata Bintan dari mulut ke mulut. Kita berharap nantinya Bintan bisa menjadi surga pariwisata sebagaimana Bali,” terang Ansar

Dalam sambutannya Irjen Kemendiknas RI Haryono Umar menerangkan bahwa KBN ini adalah wadah untuk membangun semangat kebangsaan dan kebudayaan nasional, serta sarana untuk membentuk dan membina karakter pemuda pemudi dalam membangun bangsa.

“KBN ini sangat bagus untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, karena dengan mempelajari perbedaan yang ada membuat kita semakin kaya dan bangga menjadi bangsa Indonesia” ucap Haryono umar.

Kegiatan KBN kali ini meliputi permainan tradisional, kerajinan tangan, gelar kesenian seperti drama, teater. Juga lomba kuliner tradisional, mendongeng, karnaval budaya, pemutaran film. Bakti masyarakat, malam api unggun.

Pembukaan ditandai dengan pumukulan bedug oleh Irjen Kemendiknas RI Haryono Umar, turut hadir Ka Kwarnas Pramuka yang juga Kapolda Kepri Brigjend Polisi Endjang Sudrajat, disaksikan Azrul Azwar, Plt Sekdaprov Kepri Robert Iwan L, Arifin Nasir, Ansar Ahmad, Wabub Bintan Khazalik, Wawako Tanjungpinang Syahrul dan Ketua DPRD Bintan Lamen Sarihi.(Jendaras)

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *