Gubernur Sidak ke Pasar

Gubernur  Kepri  Sidak  Kepasar
Gubernur Kepri Sidak Kepasar

TANJUNGPINANG (BT ) -Tidak mau rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dimanfaatkan oleh para pedagang nakal, Gubernur Provinsi Kepri Drs. Muhammad Sani, Jumat (21/6/2013) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Baru Tanjungpinang.

Didampingi istrinya, Hj. Aisyah Sani serta beberapa kepala dinas terkait, Sani menanyakan langsung kondisi pasar kepada para pedagang. Termasuk kepada para pembeli yang ia jumpai. Meskipun kenyataannya ada beberapa komoditi pasar yang mengalami kenaikan harga, namun masih banyak komoditi yang harganya stabil. Dan kenaikan yang terjadi juga belum terlalu siknifikan.

Seperti harga daging ayam misalnya, sebelumnya Rp28 ribu rupiah, kini naik menjadi Rp29 ribu. Sedangkan daging sapi segar masih stabil pada harga Rp100. Begitu juga harga bawang merah dan bawang putih. Yang mengalami fluktiatif justri harga cabai merah dan cabai rawit. Namun secara umum kondisi pasar di Pasar Baru masih dalam kondisi normal dan terkendali dari segi harga dan ketersediaan barang.

“Saya khawatir juga jika rencana kenaikan BBM ini harga-harga kebutuhan pokok di pasar mengalami kenaikan terlebih dulu. Makanya hari ini saya ngecek ke pasar. Alhamdulillah, anda semua bisa melihat sendiri tadi. Memang ada yang sudah naik, namun masih dalam tahap yang wajar. Selain itu juga banyak komoditi yang harganya stabil,” kata Muhammad Sani.

Stabilitas harga barang di pasar dan ketersediaan barang, ditegaskan Sani merupakan hal yang paling dia tekankan kepada jajarannya agar terus dilakukan pengawasan. Sebagaimana hukum pasar, jika kebutuhan masyarakat akan sebuah komoditi meningkat maka harga barang akan mengalami kenaikan, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu, jika BBM resmi naik, biaya transportasi juga naik karenanya, sehingga mempengaruhi harga kebutuhan sehari-hari. Maka yang terpenting, katanya, ketersediaan akan barang harus tetap dijaga.

“Jangan sampai harga sudah mahal, barang langka pula. Inilah yang saya tekankan kepada para instansi terkait, untuk mengontrol secara cermat. Semuanya tanpa terkecuali dari pihak kepolisian, Bea Cukai, Disperindag dan semua yang terkait juga harus ikut turun tangan,” katanya.

Ditengah sidak, Gubernur juga sempat berdialog dengan beberapa pengunjung pasar. Rata-rata mereka berharap harga barang tidak mengalami kenaikan, karena mereka merasa keberatan. Beberapa komoditi yang dikunjungi Gubernur kemaren adalah stand penjual rempah-rempah, stand daging ayam, daging sapi segar, pasar ikan dan beberapa komoditi lainnya yang ada. (mat )

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *