Konsumen Berhak Mengecek Isi Gas 3kg

Kepala Dinas Koperasi dan Perindag Bintan Edi Pribadi.
Kepala Dinas Koperasi dan Perindag Bintan Edi Pribadi.

BINTAN (BT) – Masyarakat konsumen gas ukuran isi 3 kg berhak mengecek dan mengetahui berat isi saat membeli gas tersebut.

Hak tersebur saat ini menang sering terlupakan oleh semua pihak karena memang dianggap sepele saja, namun pada saat berat isi gas tidak sesuai dengan ketentuannya maka masyarakat baru bersuara.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan Perindag Bintan Edi Pribadi, Selasa (18/6). Menurutnya masyarakat harus aktif dan kritis dalam membeli, agar ia mengetahui tentang kondisi barang yang dibeli.

“Kita harapkan masyarakat melapor jika membeli gas tidak sesuai isinya, terutama pada saat membeli di pangkalan resmi. Lapor saja kalau ada kecurangan, kita akan tindak tegas dan beri sanksi,” pungkas Edi

Ditambahkan Edi bahwa setiap pangkalan resmi harus mempersiapkan alat cek gas 3 kg, seperti timbangan yang Standar Nasional Indonesia (SNI) dan drum besar untuk mendeteksi kebocoran gas pada saat dibeli.

“Dari kami sudah memerintahkan agar pangkalan resmi menyediakan alat timbang dan drum air untuk pengecekan, karena ini berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Kementerian ESDM Nomor 26 tahun 2010, tentang pengendalian gas. Di dalam permen tersebut setiap pangkalan mewajibkan menyediakan drum. dan timbangan,” terang Edi

Dinas Koperasi dan Perindag juga akan terus melakukan pemantauan dan pengecekan dilapangan, apabila terjadi pelanggaran maka akan kami tindak tidak, mulai dari teguran lisan, peringatan sampai dengan pencabutan izin. (Jendaras)

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *