Kepri Dukung Penguatan Infrastruktur Amdal

Menteri  Lingkungan  Hidup  Prof . Dr . Balthsar Kambuaya .M. PA  Membuka  Seminar  Penguatan  Infrastruktur  Amdal
Menteri Lingkungan Hidup Prof . Dr . Balthsar Kambuaya .M. PA Membuka Seminar Penguatan Infrastruktur Amdal

TANJUNGPINANG (  BT ) -Secara garis besar terjadinya kerusakan lingkungan hidup yang ada di bumi terjadi karena dua faktor. Pertama kerusakan lingkungan hidup karena proses alam dan kerusakan lingkungan akibat ulah tangan manusia

Ulah manusia yang hidup di bumi ini juga berperan besar dalam menjaga dan merawat kelestarian lingkungan hidup yang ada di bumi. Karena ulah manusia dalam memanfaatkan lingkungan, seringkali tidak diimbangi dengan pemikiran bagaimana masa depan kehidupan generasi berikutnya.

“Manusia juga menjadi salah satu penyebab kerusakan lingkungan hidup. Apalagi Kepri memiliki sumber daya mineral yang berlimpah ruah,” kata Wakil Gubernur Kepri Dr.Soerya Respationo,SH,MH saat seminar penguatan infrastruktur Amdal untuk meningkatkan efektifitas ijin lingkungan di hotel Swissbell, Harbour Bay, Batam, Rabu (19/6/2013).

Untuk itu, sambungnya, pemerintah perlu menyusun rumusan lingkungan yang baik. Sehingga, kedepan, kerusakan alam akibat aktifitas dapat diminimalisir. Contohnya, adalah keberadaan aktifitas tambang untuk kepentingan industri. Keberadaan aktifitas tambang ini, perlu disertai dengan ijin Amdal yang baik. “Untuk itu, saya mendorong agar rapat kerja ini dapat menghasilkan aturan teknis yang baku,” harap Soerya.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup Prof.Dr.Balthasar Kambuaya,M.B.A sepakat bahwa pembangunan harus tetap memperhatikan lingkungan. “Tugas kita adalah wajib memastikan pembangunan, pertumbuhan ekonomi dan menjaga lingkungan harus tetap balance atau seimbang,” kata Balthasar.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan masukan dari pemerintah daerah seluruh Indonesia menyusun langkah hukum secara adil dan konsisten. Sehingga, pemberian kewenangan dan tanggungjawab kedaerah untuk mengelola sumber daya alam lingkungan hidup dapat ikut memberikan sumbangan kepada kekuatan ekonomi nasional.

“Maka dari itu, saya berharap ijin Amdal ini dapat disusun dengan baik dengan tetap memperhatikan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup secara efektif,” tutupnya.

Pembukaan seminar nasional ini juga dihadiri oleh Deputi I Bidang Tata Lingkungan Drs. Imam Hendargo A Ismoyo, Wakil Walikota Batam Rudi,SE,MM dan seluruh pejabat lingkungan seluruh Indonesia. ( HMS ,MAT )

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *