Bintan Targetkan 4000 Akta Kelahiran Gratis

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bintan Ismail.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bintan Ismail.

BINTAN (BT) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bintan menargetkan 4000 akta kelahiran gratis bagi warga yang sudah berusia di atas satu tahun dan belum memiliki akta kelahiran.

Jumlah tersebut merupakan target yang dicanangkan bupati Bintan Ansar Ahmad untuk mengatasi warganya yang belum memiliki akta kelahiran.

Demikian disampaikan oleh Kepala Disdukcapil Bintan Ismail, Selasa (18/6) bahwa pihaknya hingga kini terus bekerja keras untuk mendata dan menyelesaikan warga Bintan dalam membuat akta kelahiran ini.

“Saya harap masyarakat berperan aktif dan antusias dalam mendukung program pemerintah, bagi yang belum memiliki akta kelahiran dan berusia di atas satu tahun maka segera mengurus melalui RT/RW dan kelurahan tempat domisilinya,” terang Ismail

Dijelaskan juga oleh Ismail bahwa dengan adanya keputusan Mahkamah Konstitusi yang membatalkan proses sidang dalam pengajuan akta kelahiran bagi anak di atas usia satu tahun, maka dengan hal tersebut proses pembuatan akta kelahiran akan lebih cepat.

“Kemarin dana subsidi untuk pembuatan akta ditanggung pemerintah, dengan dibatalkannya proses sidang maka dana Rp 325 ribu tersebut akan kita kembalikan kepada pemerintah daerah, namun untuk segala persyaratan dokumen tidak berubah dan harus dilengkapi dengan benar,” tambah Ismail.

Sejauh ini untuk akta kelahiran anak di atas satu tahun sudah di buat sebanyak 800an buah mulai tahun 2007, tahun ini sampai dengan 2014 target penyelesaiannya sebanyak 4000 buah sesuai dengan data yang diterima, ini sesuai dengan program pemerintah daerah yang menginginkan semua warga memiliki akta kelahiran. (Jendaras)

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *