Pemprov Kepri Mulai Gunakan KPE

Kepala BKD  Propinsi, Abdul  Malik   Terima  Kartu KPE
Kepala BKD Propinsi, Abdul Malik Terima Kartu KPE

TANJUNGPINANG (BT) – Penggunaan Kartu Pegawai Elektronik (KPE) resmi diberlakukan dilingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Peresmian penggunaan kartu ini ditandai dengan simulasi kartu yang dilakukan Kepala BKD Provinsi Kepri Abdul Malik dan Kepala Biro Humas dan Protokol, Drs. Riono,M,Si di halaman kantor Gubernur Provinsi Kepri Dompak, Senin (17/6/2013).

Menurut wakil Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Ir.Bima Haria Wibisana, KPE ini merupakan Kartu cerdas (smart card) yang memiliki banyak fungsi (multy fungsi). Kartu ini disamping bisa untuk mengabdate data kepegawaian secara online, KPE juga bisa digunakan sebagai pengganti kartu ATM.

Kepala BKD Provinsi Kepri Drs.Abdul Malik,MM mengatakan, dari sebanyak 2.205 pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau belum semuanya menerima KPE yang mulai diberlakukan kemarin. Tercatat yang sudah melakukan rekam data kepemilikan KPE baru berjumlahg 1.773 orang dan kartunya bisa segera didistribusikan.

Sementara, dalam upaya rekam data ulang yang dilakukan BKN terhadap 429 pegawai yang ada, yang melakukan rekam data hanya sebanyak 289 orang. Sehingga hingga saat ini tersisa sebanyak 193 pegawai dilingkungan Pemerintah Provinsi Kepri yang belum melakukan rekam data.

“Sebanyak 1.773 KPE yang ada sudah bisa didistribusikan dan yang belum melakukan rekam data agar segar melakukannya. KPE ini memiliki banyak fungsi dan akan memudahkan pegawai dalam melakukan transaksi, baik transaksi dalam hal kepegawaian maupun sebagai pengganti kartu ATM,” kata Abdul Malik.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Kepri Drs.Riono,M.Si berharap BKN masih melakukan rekam data lanjutan, sehingga kedepannya tidak ada lagi pegawai dilingkungan Pemerintah Provinsi Kepri yang tidak memiliki KPE. Tidak hanya itu, mengingat sistem KPE tersebut terselenggara merupakan hasil kerja BKN dengan Bank Riau Kepri, maka pihak Bank Riau Kepri diharapkan mampu menyediakan anjungan /kios KPE di pusat perkantoran Pemerintah Provinsi Kepri di Dompak.

“Tujuannya agar memudahkan PNS dalam melakukan transaksi keuangan, sehingga tidak perlu jauh-jauh mencari anjungan ketempat lain,” kata Riono.

Sementara itu, Wakil BKN Bima Haria Wibisana dalam sambutannya mengatakan, KPE merupakan program BKN dengan tujuan untuk mempermudah aktivitas pegawai dengan pihak Perbankan yang ditunjuk. Tujuannya jelas untuk mempermudah para pegawai dalam melakukan berbagai transaksi, mengingat KPE memang memiliki banyak fungsi.

“Kartu cerdas untuk memudahkan pegawai melakukan transaksi. Salah satunya dalam hal mengupdate data kepegawaiannya karena bisa dilakukan secara online. Disamping itu juga bisa jadi mesin ATM,” kata Bima Haria Wibisana. (HMS,MAT )

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *