Keindahan Alam Jadi Modal Utama Pariwisata Bintan

Wakil Bupati Bintan sedang berdiskusi dengan narasumber dalam Talkshow Peran Sektor Swasta dalam Pengembangan Pariwisata Bintan. (Foto: Jendaras)
Wakil Bupati Bintan sedang berdiskusi dengan narasumber dalam Talkshow Peran Sektor Swasta dalam Pengembangan Pariwisata Bintan. (Foto: Jendaras)

BINTAN (BT) – Dunia pariwisata Bintan mempunyai keindahan alam yang sangat bagus dan merupakan modal utama dalam menarik investor dan turis.

Demikian diutarakan oleh Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha LPP Radio Republik Indonesia (RRI) Hasto Kuncoro dalam acara talkshow peran sektor swasta dalam pengembangan dunia kepariwisataan Bintan di restaurant Nirwana Garden Resort, Lagoi (16/6).

Menurut Hasto dirinya sangat kagum dengan keindahan alam Bintan, khususnya lagoi. Padahal ia baru pertama kali menginjakkan kaki di Lagoi.

“Saya berani katakan kawasan ini setara dengan Nusa Dua Bali atau kawasan wisata di bagian Indonesia Timur, sangat bagus, alami, segar dan pantainya begitu putih berseri. Inilah modal utama dalam dunia pariwisata Bintan,” urai Hasto. Hal senada juga disampaikan oleh wakil bupati Bintan Khazalik, dikatakannya bahwa anugerah alam yang indah serta peran sektor swasta menjadikan dunia pariwisata Bintan berkembang pesat dan menjadi andalan.

“Untuk tahun 2011 kita Kepri masuk 3 besar dengan jumlah wisatawan asing terbanyak, Batam terbanyak dan kedua di Bintan, hal ini menjadikan Bintan menjadi tujuan yang bagus untuk berlibur,” terang Khazalik.

Berkembangnya sektor pariwisata Bintan ternyata belum dirasakan bagi wisatawan lokal, menurut Desi salah satu warga lokal berkembangnya pariwisata lagoi hanya dinikmati oleh wisatawan mancanegara saja, sedangkann warga lokal sedikit sekali yang berkunjung.

“Kawasan wisata lagoi sangat ekslusif, sehingga warga seperti kita sangat segan dan takut untuk berkunjung, belum lagi harga yang sangat mahal membuat kami-kami semakin takut berkunjung,” beber Desi.

Menanggapi pendapat warga lokal, wakil bupati Bintan Khazalik mengatakan bahwa pihaknya terus mengupayakan dan mempromosikan wisata Lagoi ke turis lokal dan manajemen resort lagoi juga memberi harga khusus kepada warga lokal. Kalau dahulu tahun 2007 jumlah kunjungan turis lokal hanya 7 persen dari jumlah total kunjungan di Lagoi, pada tahun 2012 lalu jumlahnya sudah
mencapai 13 persen.

Jawaban wakil Bupati juga di amini oleh General Manager Nirwana Garden Resort Abdul Wahab. Menurut Wahab pihaknya memberikan kesempatan kepada wisatawan lokal untuk berkunjung dan juga pihaknya sudah mempriotaskan tempat-tempat khusus untuk turis lokal.

“Kami menyediakan tempat dan harga yang menarik untuk turis lokal, tentunya ini merupakan kebijakan kami untuk memperbanyak kunjungan wisatawan lokal yang berkunjung ke sini,” tambah Wahab (Jendaras).

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *