Kesadaran Masyarakat, Kunci Kebersihan Kota

wawako-dan-camat-batu-ampar-meninjau-jalannya-Goro
wawako-dan-camat-batu-ampar-meninjau-jalannya-Goro

 

BATAM – Meningkatnya kepedulian masyarakat akan kebersihan lingkungan mendapat apresiasi dari Wakil Walikota Batam, Rudi,SE. Wawako menyampaikan kebersamaan dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat harus selalu ditingkatkan. Hal ini ditegaskan Wawako saat menyampaikan sambutannya dalam acara gotong-royong massal dan silaturahmi masyarakat kelurahan Batu Merah, Kecamatan Batu Ampar, Minggu (2/6).

 

“Terciptanya lingkungan bersih dan sehat di tengah-tengah masyarakat akan berdampak baik kepada masyarakat. Sebaliknya, dengan sikap ketidakpedulian terhadap lingkungan juga akan berdampak buruk kepada masyarakat itu sendiri,” ujar Rudi

 

Untuk itu, lanjutnya, tanpa peran aktif dan dukungan masyarakat, kesuksesan program Batam bersih dan sehat sangat sulit untuk diwujudkan. Kesadaran warga masyarakat Kota Batam, menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan untuk mendukung program pemerintah. Karena tanpa dukungan dari warga masyarakat, pemerintah akan kesulitan untuk merealisasikan program.

 

Salah satu program yang harus mendapatkan dukungan penuh dari warga masyarakat adalah kebersihan. Dengan keterbatasan jumlah petugas kebersihan yang ada, maka warga masyarakat memiliki peran atau andil yang besar untuk menjaga kebersihan di wilayahnya masing-masing. “Menjaga kebersihan lingkungan, bukan hanya tugas pemerintah saja. Tapi warga masyarakat juga harus ikut dalam menjaga kebersihan,” jelas Wawako

 

Selain itu, Rudi menambahkan dengan semangat gotong royong yang ada, dapat memupuk tali silaturahmi antar warga, sehingga permasalahan yang terjadi dilingkungan sekitar dapat teratasi demi menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban daerahnya masing-masing. “ Untuk itu saya meminta kedepan, goro ini terus dilakukan. Karena manfaatnya untuk kita sendiri, hidup bersih, sehat dan nyaman”, pinta Rudi.

 

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Sadri, juga menghimbau kepada warga yang belum melakukan perekaman e-KTP agar segera melakukan perekaman di kantor kecamatan atau dapat juga dilakukan di kantor Disdukcapil di Sekupang. Selain e-KTP, bagi warga yang belum mengurus akta kelahiran putra-putrinya juga dapat langsung mengurus di kantor Disdukcapil.

 

“Sejak diputuskan oleh MK pada 1 Mei, pelaporan kelahiran yang melampaui batas waktu 1 tahun, pencatatannya tidak perlu lagi melalui penetapan sidang di pengadilan lagi. Tetapi, langsung diproses di Disdukcapil,” Jelas Sadri.

 

Selain kegiatan goro dan silaturahmi, acara juga dimeriahkan dengan pembagian doorprize, hiburan musik dan pelayanan KB serta penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS bagi warga kelurahan Batu Merah.( Mat / hms )

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *