Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kabupaten Bintan menggelar lomba berdongeng anak.

IMG_9360

BINTAN (BT) – Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kabupaten Bintan menggelar lomba berdongeng anak.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) GOPTKI sekaligus memperingati hari pendidikan nasional (Hardiknas).

Dengan tema “Kita Tingkatkan Kompetensi Pendidik Anak Usia Dini” ini mengajak para pendidik untuk meningkatkan daya imajinasi anak dengan melakukan perlombaan dongeng.

Ketua GOPTKI Bintan Dwi Kori Andayani Lamidi mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga guru/pendidik.

“Kita juga harus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta meningkatkan hubungan silaturahmi antara pengurus GOPTKI dengan guru dan tenaga pendidik, agar terjadi harmonisasi dalam pengembangan pendidikan anak-anak kita” urai Dwi.

Sementara Bunda PAUD Bintan Dewi Komalasari Ansar mengatakan dengan kegiatan mendongeng banyak sekali manfaatnya bagi anak, karena ada nilai-nilai positif yang terdapat dalam cerita dan dapat menjadi contoh yang baik dalam tindakannya.

“Kegiatan mendongeng tidak hanya dilakukan pada saat usia anak balita, namun juga dapat dilakukan pada saat anak di dalam kandungan,” terang Dewi

Ditambahkan Dewi bahwa dongen itu ibarat sebuah gelombang radio, dengan bercerita/berdongeng kepada anak, orang tua mengirim sinyal pada buah hatinya tentang rasa yang ingin disampaikan dalam cerita. Dengan mendongeng juga akan membangun rasa kepekaan sosial anak agar dapat menginspirasi bahwa apa yang dilakukan dengan ketulusan hati, pengaruhnya jadi semakin kuat.

“Anak bisa merasakan meski ia belum memahami sepenuhnya, mendongeng juga dapat mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan ketahanan mental anak, ini pun akan berimbas pada perkembangan IQnya,” ujar Bunda PAUD

Kegiatan lomba mendongeng ini dilaksanakan di Wisma Antam, Kijang Kota, Bintan Timur (22/5), diikuti oleh 30 orang yang terdiri dari unsur guru Taman Kanak-kanak (TK), 20 orang dan Kelompok bermain (KB) 10 orang dari PAUD. (Jendaras)

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *