TMMD Bantu Percepatan Pembangunan dan Pengentasan Kemiskinan

 

wawako dan Danrem turun ke lokasi tempat pelaksanaan TMMD Foto: SofyanBATAM –  Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) secara serentak digelar di 61 Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia, Selasa (14/5). Untuk di wilayah Korem 033/ Wira Pratama, TMMD ke-90 tahun 2013 ini dipusatkan di wilayah Kodim 0316 Batam dengan sasaran fisik antara lain, pembuatan jalan baru di Kecataman Bengkong dengan panjang 1.100 meter di Kelurahan Sadai, jalan baru 100 meter di Kelurahan Tanjung Buntung dan 100 meter di Kelurahan Kibing, Kecamatan Batuaji. Kegiatan yang dibuka oleh Danrem 033/ Wira Pratama, Brigjen Deni K Irawan  tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Batam, Rudi beserta unsur FKPD, para Dandim jajaran Korem 033/ Wira Pratama, Dan Yon 134 Tuah Sakti serta tokoh masyarakat Kecamatan Bengkong yang digelar di lapangan sepak bola Bengkong Sadai, Kecamatan Bengkong.

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) dalam sambutannya yang dibacakan Danrem 033/ Wira Pratama mengatakan, bahwa kegiatan TMMD memiliki dua sasaran pokok, yakni sasaran fisik dan non fisik. Sasaran  fisik  diprioritaskan  untuk membangun infrastruktur, sarana dan prasarana yang secara langsung menyentuh kepentingan masyarakat, dengan membangun akses jalan dan jembatan dalam rangka meningkatkan kualitas transportasi antar Desa.

Sementara sasaran non fisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat untuk membangun daerahnya sendiri, serta tumbuh kesadaran untuk memberdayakan potensi daerahnya menuju kehidupan sosial masyarakat yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.  Kasad selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, berharap dan berpesan kepada para prajurit TNI/Polri serta elemen masyarakat yang melaksanakan TMMD bahwa tugas ini adalah suatu kehormatan, oleh karenanya laksanakan secara profesional, penuh keikhlasan dan  rasa  tanggung jawab, serta tetap memperhatikan faktor keamanan, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan. Bangun soliditas dan sinergitas yang kokoh guna mengoptimalkan pelaksanaan TMMD.

Sementara itu wawako Batam, Rudi dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini adalah salah satu wujud kebersamaan seta persatuan dalam kegiatan TMMD ke 90 Kecamatan  Bengkong dan Batu Aji. Bhakti TNI melalui TMMD adalah merupakan perwujudan dharma bhakti TNI sebagai alat pertahanan Negara bersama pemerintah dan komponen lainnya serta menjadi salah satu alternative solusi bagi pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kegiatan pembangunan di daerah. Rudi menambahkan, kegiatan TMMD di Kota Batam telah dilaksanakan sejak tahun 2005 yang digelar 2 tahun sekali dan saat ini merupakan kegiatan TMMD yang ke 5. Dalam kegiatan ini dilaksanakan kegiatan fisik yaitu semenisasi jalan dan pembangunan drainase serta kegiatan non fisik berupa penyuluhan atau penyampaian informasi dari beberapa instansi pemerintah.

“saya berharap melalui kegiatan TMMD ini dapat menggugah masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam membangun daerah dan membantu daerah meningkatkan kesejahteraan serta mempercepat penanggulangan kemiskinan di kelurahan”, pungkas Wawako.

Dengan  mengangkat tema Melalui TNI Manunggal Membangun Desa, TNI Bersama-sama Polri, Kementerian / LPNK, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen bangsa lainnya kita tingkatkan integritas guna mendukung percepatan pembangunan dalam rangka mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan masyarakat di pedesaan diharapkan kegiatan ini dapat membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan hingga tanggal 3 Juni ini melibatkan  315 personil yang terdiri dari TNI, Polri, Pemerintah Daerah serta Ormas dan masyarakat sekitar lokasi kegiatan pelaksanaan TMMD.

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *