Pengusaha Kroasia Lirik Investasi di Batam

 

Pengusaha Kroasia Lirik Investasi di Batam Foto: BurdanBATAM -Investor kroasia tertarik menanamkan modalnya di Batam. Industri perkapalan serta pembangunan port container menjadi bidang investasi yang paling diminati.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan bertemu dengan 40 investor asal Kroasia, Selasa (23/4) di Jakarta. Wako Batam didamping staf Ahli, Pirma Marpaung, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Wan Darussalam, Kepala Badan Penanaman Modal, Gustian Riau, serta Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan, Yusfa HendriPertemuan tersebut difasilitasi Kementrian Luar negeri.

Dahlan memaparkan pertemuan yang dipimpin duta besar Indonesia untuk Kroasia tersebut membahas rencana investasi serta bidang-bidang industri yang akan diinvestasikan. “60 persen investor bidang perkapalan dan kepelabuhanan, dan 40 persen bidang lain seperti perbankan, mapping topography serta furniture,” katanya.

Menurut Dahlan, keberadaan Batam menguntungkan dari segi geografis. Letak Batam yang berbatasan dengan Malaysia dan Singapura juga sebagai pusat pertumbuhan perdagangan menjadi daya tarik bagi para investor tersebut. “Batam addalah Kota strategis yang di desain sebagai daerah industri, perdagangan, alih kapal dan pariwisata yang unggul di Indonesia,” paparnya.

Terlebih, sebut Dahlan, di Batam ada sekitar 70 perusahaan galangan kapal, namun industri transshipment tersebut belum maju. “Sayangnya, banyaknya perusahaan galangan kapal, namun belum ada pelabuhan container yang memadai di Batam,” akunya.

Investor Kroasia berpendapat, jelas Dahlan, dengan banyaknya perusahaan perkapalan di Batam, bisa diajak kerjasama dalam pembangunan pelabuhan serta port management. “Kita Berharap kerjasama ini bisa segera terealisasi,” masih kata Dahlan.

Dahlan mengaku, pengusaha asal negara berbentuk bulan sabit di Eropa ini sangat antusias untuk menanamkan modalnya di Batam. “Harapannya pertemuan lalu bukan yang pertama dan terakhir namun bersambung dalam bentuk realisasi kerjasama,” sebutnya.

Dahlan menyatakan bahwa pemerintah Kota Batam telah berkoordinasi dengan semua pihak terkait, untuk menciptakan suasana yang kondusif bagi investasi termasuk infrastruktur dasar seperti jalan, ketersediaan energi listrik maupun konektifitas hubungan udara. Pemerintah Kota Batam terus berusaha untuk menciptakan iklim yang baik bagi kelangsungan berbagai investasi di Batam.

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *