252 Anggota PPK dan PPS se-Kota Batam Dilanti

 

252 Anggota PPK dan PPS se-Kota Batam Dilantik Foto: SofyanBATAM – Dalam rangka menghadapi Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyar Daerah tahun 2014, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Batam mengukuhkan dan melantik 60 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 192 Panitia Pemilihan Suara (PPS) se-Kota Batam, Rabu (10/4) di Asrama Haji Batam Centre. Pelantikan yang diseleraskan dengan bimbingan teknis bagi anggota PPK dan PPS yang dilantik itu dihadiri oleh Wakil Walikota Batam Rudi dan Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi. Pelantikan tersebut dilakukan oleh Komisioner KPU Kota Batam, Zendra Yanuardi dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah oleh perwakilan PPK dan PPS.

Komisioner KPU selaku ketua panitia pelantikan ini, Ngaliman dalam sambutannya mengatakan berdasarkan Undang-Undang nomor 15 tahun 2011 tentang penyelenggara pemilihan umum, sesuai tugas dan wewenangnya KPU Kota Batam sudah melakukan semua tahapan program pemilu 2014, diantaranya melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang tahapan jadwal dan program pemilu tahun 2014, terlibat secara aktif dalam verifikasi faktual  calon peserta politik pemilu di kota Batam, KPU Batam melakukan verifikasi terhadap sekitar 3500 warga batam yang dijadikan sample sebagai anggota partai politik dari 16 partai dan 18 partai politik berikutnya, sedangkan saat ini telah ditetapkan 12 partai politik secara nasional yang akan mengikuti pemilu tahun 2014.  Dalam kaitannya dengan pembentukan badan penyelenggara pemilu, sejak bulan Desember tahun lalu KPU Kota Batam sudah membentuk anggota PPK dan PPS dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Batam khususya dari pihak Kecamatan dan kelurahan se Kota Batam. Calon PPK dan PPS sebelumnya telah melalui beberapa proses diantaranya seleksi administrasi, tes tertulis dan diakhiri dengan tes wawancara. “hingga pada akhirnya, anggota PPK dan PPS yang memenuhi syarat dilantik pada hari ini berjumlah 252 orang yang terdiri dari 60 PPk dan 192 PPS dengan pembagian 5 anggota PPK di setiap kecamatan dan 3 PPS di setiap kelurahan”, sambung Ngaliman.

Sementara itu Wakil  Walikota Batam, Rudi yang saat ini menjabat sebagai Plt Walikota Batam dalam sambutannya menuturkan Harapannya kepada para anggota PPK dan PPS yang telah dilantik, agar bisa laksanakan tugas dengan baik. Harus netral karena mempunyai tugas strategis. Rudi juga memberikan apresiasi terhadap anggota PPK dan PPS, karena tugas yang diemban amatlah berat dan bekerja dengan sukarela. “Saya senang dan bangga berada di antara Bapak, Ibu sekalian, sekaligus saya mengucapkan selamat atas dilantiknya Bapak dan Ibu sebagai PPK dan PPS”, ujar Rudi.  Mengenai koordinasi dan kesekretariatan di lapangan, wawako meminta adanya sinergi yang baik antara petugas PPK dan PPS dengan aparatur di tingkat Kecamatan maupun Kelurahan. Dirinya juga meminta kepada seluruh Camat dan struktur di bawahnya agar segera membentuk sekretariat demi kelancaran penyelenggaraan pemilu tahun 2014 mendatang.

“ Apabila ada kendala yang ditemui di lapangan, para anggota PPK dan PPS agar tidak segan meminta bantuan dari Lurah dan Camat terkait, karena saya sudah meminta para Camat dan Lurah tersebut untuk membantu para anggota PPK dan PPS di lapangan” , pungkas Rudi mengakhiri sambutan(hms btm )

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *