Tahun Depan Semua RTLH di Targetkan Harus Selesai

 

 

image

 

Presiden Republik Indonesia(RI) melalui Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz, menggelar Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) tentang koordinasi pelaksanaan kebijakan pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman di Pemprov Kepri antara Menpera dan Gubernur Kepri Muhamad Sani di Gedung Daerah Kota Tanjungpinang, Rabu (03/04). Acara ini juga dihadiri empat Deputi Kemenpera dan sejumlah Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD) Kepri, Ketua DPRD Kepri Nur Syafriadi, Sekda Pemprov Kepri Suhajar Diantoro, Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah, SH, Wakil Walikota Batam Rudi, Wakil Bupati Bintan Khazalik, Bupati Karimun Nurdin Basirun dan wakil Bupati Daerah lainnya..

Dalam sambutanya Djan mengatakan bahwa ia siap membantu Kepri sampai perumahan tuntas, Djan juga mengatakan bahwa Sani Pintar mengambil Kesempatan, saat duduk dekat Presiden RI Pak SBY, beliau membisikkan kalau di kepri masih ada masalah rumah kumuh Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang belum bisa diselesaikan, “oleh sebab itu pak Presiden langsung menunjuk saya untuk menyelesaikanya”,ujar Djan. Tahun depan semua RTLH ditargetkan harus selesai. Dari Kemenpera menyediakan anggaran Rp 7,5 juta untuk rehab biasa, Rp 15 juta untuk rusak berat, dan Rp 30 juta untuk rumah khusus pulau terluar, Terangnya.

Kerjasama yang dilakukan tertuang dalam lima hal pokok mulai dari pembiayaan kredit rumah, rehabilitasi, rumah murah kredit PNS dan lainnya. Sani menuturkan bahwa program rebah RTLH di Kepri sangat berhasil. Hal tersebut karena Prov Kepri dan masing-masing Kabupaten/Kota sangat serius manangani penuntasan kemiskinan di Kepri, Apalagi Pemprov Kepri dan masing-masing Kabupaten/Kota sudah melakukan MoU untuk menanganinya, Terang Sani.

Sani juga menyampaikan akan berkoordinasi dengan Bupati/Walikota se-Kepri untuk secepatnya verifikasi tersebut. Setelah itu baru bisa diketahui berapa jumlah RTLH yang masih harus rehab dan berapa PNS yang belum memiliki rumah sendiri dan mau kredit subsidi. Jumlah RTLH di Kepri berdasarkan  data BPS sebanyak 35 ribu. Perhitungan gubernur dengan masa pemerintahan mereka dalam lima tahun hanya bisa memperbaiki RTLH sebanyak 20 ribu, dengan bantuan dari Kemepera maka RTLH di Kepri akan bisa selesai 2014 atau paling lambat 2015, Ungkap Lis.( hms /adre )

 

 

Redaksi

About the Author: Redaksi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *